Welcome to our website !

Waktu Publikasi Video, PENTING NGGAK SIH?

By April 26, 2019 ,


WAKTU PUBLIKASI VIDEO


Hai mulai saat ini saya mau berbagi sedikit ilmu tentang dunia Youtube yang saya dapatkan dari para senior. Keputusan ini saya ambil agar blog saya ini tidak semakin berjamur karena kelamaan tidak saya up-date. Harapannya semoga blog sederhana ini bisa memberikan sedikit manfaat bagi para pembaca aamiin.
Oke, dalam tulisan pertama ini saya akan membahas tentang WAKTU PUBLIKASI VIDEO.


Sebelumnya saya mau bertanya pada kalian, apakah channel kalian memiliki Waktu Publikasi yang tetap? Ataukah jangan-jangan Waktu Publikasinya tidak menentu? Bisa pagi, siang, sore bahkan malam.

Kalau kalian memilih jawaban yang kedua, maka sama dengan apa yang saya lakukan dulu.

Ketika masih awal-awal mencoba serius mengelola channel, Waktu Publikasi video saya tidak menentu. Paling sering sih saya uploadnya pagi atau sore, namun jam-nya tidak saya tentukan. Kalau saya memiliki waktu luang di malam hari untuk mengedit video maka biasanya saya akan meng-upload video besok pagi dan langsung dipublikasikan (dipublikasikan). Kalau malam tidak sempat, saya mengedit siang hari ketika jam istirahat kerja atau sore hari dan menguploadnya saat itu juga.

Mungkin ada yang bingung, apa bedanya Waktu Upload dan Waktu Publikasi?


Keduanya jelas berbeda. Waktu Upload adalah jam berapa kita mengunggah video  ke Youtube sedangkan Waktu Publikasi adalah jam berapa video kita bisa ditonton oleh penonton. Kita bisa mengunggah video di pagi dan baru menayangkannya siang, sore, malam atau bahkan esok harinya.
Caranya mudah banget yaitu dengan membuat jadwal publikasi video kita. Fitur jadwal publikasi ini memudahkan kita untuk tetap bisa menayangkan video secara rutin tanpa terkendala masalah waktu, tempat dan koneksi internet. Misalnya saja, kita hendak travelling selama seminggu ke luar kota, pastinya saat dalam perjalanan kita ingin menikmati perjalanan atau membuat konten. Mana sempat kita mengedit bahkan meng-upload video, nah kita bisa membuat jadwal publikasi video selama seminggu sebelum bepergian. Dengan begitu, kita tetap bisa enjoy travelling tanpa menelantarkan channel kita.

Bagi yang belum tahu cara menjadwalkan waktu publikasi video, bisa simak caranya DI SINI.

Lalu apa pentingnya sih  Waktu Publikasi video itu?



YOUTUBER SUKSES
POSTER FILM YOUTUBER


Coba deh kalian perhatikan channel-channel besar di Youtube seperti punya Atta Halilintar, Ria Ricis, Deddy Corbuzier, Dunia Manji dan lainnya. Mereka memiliki jadwal publikasi yang disiplin, bahkan Atta dan Ria Ricis setiap hari mengupload dan mepublikasikan video di jam yang sama.
Agar channel kita sukses maka kita harus memahami Algoritma Youtube. Algoritma Youtube mengatur video mana saja dan milik siapa yang akan ditampilkan pada halaman utama ataupun posisi teratas untuk direkomendasikan kepada para penonton. Dalam sistem Youtube sendiri sedikit berbeda tetapi intinya hampir sama seperti algoritma Google Search Engine. Jika dalam Website menggunakan Pagination (per halaman) di Youtube menggunakan Load More (Scroll Down) dalam penentuan rank video di youtube.

Sistem Youtube akan memberikan penilaian yang baik bagi channel yang selalu aktif sehingga akan membuat channel tersebut mendapatkan point lebih di algoritma youtube. Walaupun nampak sepele pada dasarnya konsisten membuat konten akan terasa sulit jika sudah dijalani. Selain aktif juga kita harus memiliki Waktu Publikasi yang disiplin agar memudahkan algoritma Youtube mendekteksi keberadaan channel kita.
Salah satu senior saya mengatakan bahwa konsisten menayangkan video di jam yang sama bahkan setiap hari akan membuka ‘gembok’ channel kita. Jika ‘gembok’ ini sudah terbuka maka video-video kita akan direkomendasikan oleh Youtube di channel-channel yang lain. Tentu ini akan semakin memperbesar peluang video kita ditonton lebih banyak orang. Harapannya juga akan menarik penonton untuk subscribe channel kita.

Waktu Publikasi yang tetap juga memudahkan penonton untuk mengetahui video-video terbaru kita. Memang sih di channel ada fitur notifikasi (lonceng) yang memberitahu penonton jika ada video terbaru yang publikasi di channel yang dia subscribe. Namun tidak semua penonton tahu atau mau memencet lonceng ini. Nah dengan konsistensi hari dan Waktu Publikasi video akan memudahkan penonton untuk mengingat kapan ada video baru di channel kita.

Gimana cara menentukan Waktu Publikasi yang TEPAT?


Nah sekarang yang jadi pertanyaan adalah jam berapa sih idealnya kita mempublikasikan video itu agar ditonton banyak orang? Dulu saya juga bingung bagaimana menentukan Waktu Publikasi video di channel saya.
Untuk menentukan Waktu Publikasi video maka kita harus mengetahui kapan peak hour atau prime time channel kita? Setiap channel memiliki peak hour yang berbeda satu sama lain. Peak hour adalah waktu dimana jumlah penonton di sebuah channel mencapai jumlah tertinggi atau istilah gampangnya tuh jam sibuk.

Trus gimana cara mengetahui peak hour channel kita?

Caranya boleh dibilang gampang-gampang susah karena kita harus melakukan pengamatan kurang lebih 1 hingga 2 bulan untuk mendapatkan peak hour yang sebenar-benarnya alias akurat. Untuk mengecek di jam berapa banyak penonton yang menonton video kita, kalian tinggal cek saja di bagian Creator Studio. Adapun stepnya sebagai berikut:

  1. Klik Youtube Creator Studio yang posisinya ada di pojok kanan atas.
CHANNEL KELUARGA BIRU


  1. Setelah kita masuk di dasboard channel kita, arahkan kursor ke bagian kanan trus cari Analytic kemudian pilih yang Real Time. Di Real Time ini kita bisa melihat statistik channel kita saat ini. Pilihlah Realtime View 48 jam terakhir. Akan muncul grafik yang menunjukkan berapa jumlah penonton selama 2 hari lengkap dengan jam-nya. Kalian liat di jam berapa jumlah penonton video mencapai angka tertinggi, catat agar tidak lupa. Nah lakukan hal ini selama 1 hingga 2 bulan agar kalian mendapatkan data yang akurat. Yaa memang harus telaten sih, di dunia ini nggak ada yang instant apalagi di Youtube.
CHANNEL KELUARGA BIRU


Yuk Mulai Praktek!

Youtuber Pemula biasanya belum memiliki banyak video (apalagi jika uploadnya sebulan sekali) sehingga agak sulit mendapatkan peak hour yang akurat karena data yang dikumpulkan sedikit. Nah sebaiknya kalian berusaha konsisten dulu rajin upload dan publikasi video, namun ingat tetap harus disiplin hari dan jam-nya.
Untuk penentuan hari kalian bisa coba dulu seminggu dua kali, jaraknya jangan terlalu dekat ataupun jauh. Misalnya Senin dan Kamis, biarin deh kayak puasa sunnah wekekeke. Kalau dalam sebulan kalian sudah bisa disiplin publikasi video seminggu dua kali, cobalah untuk meningkatkan menjadi dua hari sekali. Nanti lama-kelamaan kalian bisa meningkatkan menjadi setiap hari, tapi jujur saja saya nggak sanggup kalau setiap hari. Saya prefer publikasi video dua hari sekali.

PRIME TIME SOCIAL MEDIA

Sedangkan untuk penentuan Waktu Publikasi, kalian bisa menggunakan prime time global yang berlaku di social media. Kalian bisa memilih pagi hari yaitu 06.00 sampai 08.00 karena pada jam tersebut orang sedang berangkat kerja. Biasanya untuk menghilangkan kebosanan di dalam kereta atau macet di jalan, orang akan mengecek sosia media. Bagi yang tidak punya kuota atau tidak suka menggunakan HP, biasanya akan mengecek sosial media begitu tiba menggunakan wifi atau komputer di kantor sekitar jam 07.30 sampai 08.00.
Lalu prime time di siang hari sekitar jam 12.00 sampai 13.00 yaitu waktu ketika orang-orang makan siang. Setelah seharian berkutat dengan pekerjaan yang menuntut konsentrasi dan bikin bosan, para pekerja millenial akan mencari hiburan di internet. Bagi yang mengelola channel anak, juga bisa memanfaatkan prime time siang hari saat anak-anak sudah pulang sekolah dan baru boleh menggunakan HP. Nah kalian bisa setting jadwal Waktu Publikasi video kalian pada jam tersebut.
Kalau siang nggak keburu untuk edit dan upload video, kalian coba cari penonton di prime time sore hari saat orang pulang kerja. Waktu ideal sekitar jam 16.00 sampai 17.00 dimana para penonton sedang berada di kendaraan dalam perjalanan pulang ke rumah, pasti deh pada mantengin HP biar nggak bosen atau bete kena macet.
Malam hari juga ada prime time-nya yaitu jam 19.00 sampai 20.00 ketika orang-orang sudah selesai melakukan aktivitas seperti mandi dan makan malam. Kebetulan peak hour channel Keluarga Biru ini jam segini, mungkin karena sebagian besar penonton channel kami adalah orang-orang dewasa dan keluarga muda.




Nah jika kalian sudah melakukan hal ini selama kurang lebih 1 bulan, coba deh tengok di Youtube Creator Studio jam berapa banyak penonton yang main ke channel kalian. Dari situ kalian akan menemukan kapan peak hour atau prime time yang paling akurat di channel kalian.
Oke, selamat mencoba ya. Semoga kalian bisa disiplin dan sukses di Youtube. Jika ada pertanyaan atau kalian punya tips dan trik lain menentukan Waktu Publikasi video silakan tulis saja di komentar. Tetap semangat and never give up!!



You Might Also Like

1 komentar

google529a27a57f6300a3.html