Welcome to our website !

Asus E202: Kreatif Tanpa Batas

By Juni 21, 2017






“Besok bawa laptop nggak?”

“Bawa saja, biar nanti pas di apartemen kita tetap bisa ngetik.”

“Beneran ngetik lho ya, ntar kayak di hotel minggu lalu. Sudah bawa berat-berat eh ternyata hanya buat ngedit foto.”

“Lha kan tetap saja produktif namanya meski hanya ngedit foto buat di blog.”

“Iya deeh..”

Itulah sepenggal dialog saya dengan Mama Ivon ketika akan staycation di sebuah apartemen di Surabaya. Sebagai pasangan blogger yang produktif (uhuk-uhuk) kami memang selalu membawa laptop jika sedang stayction. Alasan utama agar kami tetap bisa menulis meskipun sedang liburan, karena namanya ide apalagi job datang tak kenal waktu. Sayang banget kan kalau mendadak ada ide atau tawaran job datang trus nggak segera ditangkap. Konsekuensinya, saya harus merasakan beban laptop yang cukup berat di pundak di sepanjang perjalanan.


Cerita lain, saat saya ada undangan Asus yaitu Zenfinity 2017 di Jakarta ada kewajiban untuk posting artikel saat hari H. Nah saya berencana mau membawa laptop tapi terpaksa nggak jadi karena Mama Ivon ada kewajiban menulis liputan yang deadlinenya bersamaan dengan acara Zenfinity. Untungnya sebelum hari H saya sudah posting artikel yang berkaitan dengan Zenfinity sehingga terbebas dari kewajiban posting artikel di hari H.

Memang nggak bisa dipungkiri jika laptop sudah menjadi kebutuhan utama hampir semua orang, mulai dari pelajar hingga professional, mulai dari pekerja kantoran hingga blogger. Apalagi buat saya yang pekerja kantoran merangkap blogger maka laptop adalah modal utama saya untuk berkarya. Namun ukuran laptop milik saya yang cukup besar dan bobotnya yang cukup berat kadangkala membuat saya ogah-ogahan membawanya saat mudik, staycation atau travelling.





Dari cerita-cerita di atas, saya pun jadi punya keinginan untuk membeli notebook. Mengapa notebook? Karena dari segi ukuran lebih kecil dan beratnya juga lebih ringan sehingga pundak saya tidak pegal membawanya saat dalam perjalanan.

Namun memilih notebook juga tidak boleh sembarangan, beberapa point harus kita jadi bahan pertimbangan agar jangan sampai kita seperti membeli kucing dalam karung. Nggak mau kan nanti kita salah membeli notebook yang tidak sesuai dengan kebutuhan kita.


Kalau saya sih sudah punya notebook incaran yang sesuai dengan kebutuhan saya yaitu Asus E202. Kebetulan saya adalah pengguna smartphone Asus Zenfone 3, demikian juga dengan istri. Kami berdua sudah setahun lebih menggunakan Zenfone 3 dan so far kami sangat puas dengan semua fitur dan kelebihannya. Berdasarkan pengalaman tersebut maka kami ingin mencoba produk Asus yang lain. Nah karena saya sedang membutuhkan notebook maka saya putuskan untuk memilih Asus E202.


Mau tahu kenapa saya memilih Asus E202?


Langsung aja cuzzz ke bawah.



  1. Mungil dan Ringan

Seperti yang saya bilang di atas, masalah utama saya ketika tetap ingin bisa menulis saat travelling atau staycation adalah beban laptop yang cukup berat. Nah Asus E202 adalah jawaban yang saya cari-cari selama ini. Asus E202 memiliki ukuran yang mungil, bahkan lebih kecil dari kertas ukuran A4. Perangkat ini memiliki dimensi 29.7 x 19.4 x 2.14 cm dengan bobot yang sangat ringan yaitu 1,25 Kg. 


Asus E202 Kreatif Tanpa Batas



Tapi jangan salah ya, walaupun ukurannya kecil namun ASUS EeeBook E202 memiliki layar sebesar 11,6 inci yang tetap nyaman di mata untuk dipergunakan bekerja secara mobile. Ukuran layar tersebut sangat ideal sehingga ASUS EeeBook E202 sangat mudah untuk dibawa ke mana saja.

Dengan ukuran yang lebih kecil dari A4 maka ruang di dalam tas ransel saya masih tersisa banyak sehingga bisa dipakai untuk membawa barang atau keperluan lainnya. Jadi nggak ada ceritanya lagi bepergian membawa banyak tas.


  1. Pilihan Warna yang Sesuai Kepribadian

Kesan pertama itu biasanya selalu membekas di hati. Maka dari itu kita harus berusaha untuk tampil mengesankan dimana saja dan kapan saja. Sebagai seorang blogger adakalanya saya harus bertemu dengan calon klien yang ingin menggunakan jasa saya atau menghadiri suatu event dimana saya bertemu dengan banyak orang. Nah tentu saja saya harus tampil oke, percaya diri dan meyakinkan di mata calon klien maupun blogger lainnya.

Salah satu point yang bisa menggenjot rasa percaya diri adalah dengan menggunakan perangkat yang oke pula. Nah, Asus E202 kurang oke gimana coba?


Asus E202 Kreatif Tanpa Batas



Dia memiliki 4 pilihan warna yang ekspresif antara lain Silk White, Dark Blue, Thunder Blue, dan Red Rouge. Yesss, Asus emang tau banget warna kesukaan saya yaitu biru. Dari dua pilihan warna biru Asus E202 ini saya memilih Thunder Blue. Alasan saya memilih Thunder Blue karena kesan yang ditampilkan adalah penuh energi dan bersahabat. Ini sesuai dengan branding blogger yang harus selalu semangat belajar dan berkarya serta terbuka dengan segala hal-hal baru dan menerima kritik dan masukan dengan besar hati.


  1. Bandel hingga Tahan 8 Jam

Salah satu kendala yang sering dialami saat bekerja secara mobile adalah baterai notebook yang cepat habis. Apalagi jika ternyata kita berada di lokasi yang tidak tersedia sumber daya listrik, aarrgh itu sangat mengganggu sekali proses kreatif kita dalam berkarya bukan?

ASUS EeeBook E202 ini walaupun ukurannya mungil namun diam-diam bandel lho, kayak saya wekekeke. Asus E202 memiliki durabilitas atau daya tahan baterai hingga 8 jam. 


Asus E202 Kreatif Tanpa Batas



Rahasia Asus E202 sehingga bisa tahan hingga 8 jam adalah terletak pada prosessor yang disematkan di dalamnya yaitu Intel Celeron Dual Core N3050 generasi kelima atau Brasswell. Prosessor ini memiliki nilai Thermal Design Power (TDP) yang kecil, yakni hanya sebesar 6 watt. Rendahnya konsumsi daya itu membuat kapasitas baterai tidak cepat terkuras. Jadi nggak heran jika Asus E202 mampu bertahan hingga 8 jam dalam sehari.


  1. Performa Anti Lemot

Aktivitas seorang blogger tidak melulu tentang menulis saja. Apalagi di zaman kekinian yang setiap hari selalu ada inovasi. Dahulu kala konten blog hanyalah tulisan dengan sedikit foto, tapi sekarang konten blog sudah berkembang dengan sedemikian kreatifnya.

Kini bukan hal baru lagi saat kita membaca sebuah blog yang ditaburi dengan banyak foto-foto indah yang memiliki nilai artistik yang tinggi. Tak cukup itu saja, blog kini juga semakin berisi dengan kehadiran infografis dengan desain yang kece badai. Seakan belum cukup, kita juga bisa menambahkan video di dalamnya.

Nah proses pembuatan konten-konten kreatif itu tentunya membutuhkan performa perangkat yang mumpuni. Mengedit foto, mendesain infografis apalagi mengedit video tentu saja memberikan beban kinerja yang cukup berat pada notebook.


Asus E202 Kreatif Tanpa Batas



Prosesor Intel Celeron N3050 dual-core generasi Braswell ini juga memiliki performa yang berlari dengan kecepatan 1,6GHz dan TurboBoost mencapai 2,16GHz. Tak hanya itu, EeeBook E202 ini juga didukung oleh memori RAM berkapasitas 2GB jenis DDR3L dengan kecepatan 1600MHz.

Seperti kita tahu, dalam membuat konten kreatif kita perlu juga meng-copy data baik itu dari smartphone atau memori card ke notebook. Masalah yang terjadi dalam proses duplikasi data adalah prosesnya yang lama bahkan hingga membuat notebook hang. Nah, jika Asus EeeBook E202 hal itu tidak akan terjadi karena telah menggunakan USB 3.1 Type-C yang dapat mentransmisikan data dengan kecepatan hingga 5Gbps, sehingga proses pemindahan berjalan lebih cepat hingga 11x dibandingkan USB 2.0. Tipe USB ini juga memiliki bentuk simetris sehingga mudah digunakan. Fitur ini juga membuat E202 menjadi notebook 11,6 inci pertama di dunia yang menggunakan teknologi USB 3.1 Type-C di dalamnya. 


  1. Tidak Berisik

Saya memiliki dua balita yang suka tidur larut malam, maka otomatis kegiatan menulis di blog atau membuat konten kreatif baru bisa saya lakukan setelah mereka tidur. Laptop yang saya miliki saat ini dilengkapi dengan kipas agar tidak cepat panas jika saya pergunakan dalam waktu yang lama atau beban kerja yang berat.

Suara kipas laptop itu jika siang hari mungkin tidak terlalu berisik tapi beda banget ketika dipakai malam hari. Suara kipasnya beneran berisik sehingga kadang saya takut hal itu akan mengganggu kualitas tidur anak-anak. Atau yang lebih parah mereka akan terbangun mendengar suara kipas dan ujung-ujungnya akan menghambat proses penulisan blog.


Asus E202 Kreatif Tanpa Batas



Menyadari akan keluhan yang juga sering dialami para pengguna lainnya maka Asus seri EeeBook E202 mengusung desain fanless atau tanpa kipas, ini berarti notebook tetap senyap saat bekerja, sehingga kita atau orang-orang tercinta tidak akan terganggu oleh suara kipas.




Selain 5 keunggulan utama di atas, masih ada bonus-bonus Asus E202 yang membuat saya makin mantab memilihnya antara lain:


·         Ukuran charger yang digunakan oleh Asus E202, tidak lebih besar daripada kartu kredit dengan panjang hanya sekitar 53 mm. Makin yakin aja jika notebook ini memang diciptakan bagi kita yang suka mobile.

·         Asus membekali notebook mini EeeBook E202 ini dengan kapasitas penyimpanan berupa hard disk berkapasitas 500GB. Ini sangat mendukung sekali kebutuhan saya akan tempat penyimpanan yang besar untuk menyimpan foto, master desain infografis dan file mentah video yang banyak.

·         ASUS EeeBook E202 memiliki touchpad yang sangat responsif, memberikan kita pengalaman selayaknya sebuah layar smartphone saat ini, dan memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Ini cocok banget buat saya yang selama ini tetap mengandalkan mouse meskipun bekerja menggunakan laptop. Alasannya karena saya tidak telaten dengan touchpadnya yang kurang responsif.

·         Eeebook E202 memiliki keyboard yang sangat nyaman untuk digunakan, dengan desain one-piecce chiclet keyboard membuat pengalaman mengetik sangat berbeda, dengan jarak antar keyboard 1.66mm membuat pengetikan semakin nyaman dan kokoh, bahkan tahan sampai 10 juta kali pengetikan.

·         ASUS EeeBook E202 membuat kita berselancar lebih cepat di dunia maya dengan teknologi Wi-Fi terbaru 802.11ac yang memiliki kecepatan hampir tiga kali lipat dari 802.11n. Tahu sendirilah jika sedang dalam perjalanan biasanya kita mengandalkan fasilitas wifi entah itu di hotel, bandara, cafe ataupun restoran.

Asus E202 Kreatif Tanpa Batas




Sebenarnya masih banyak keunggulan dan bonus yang bisa kita dapatkan bila memiliki Asus E202 ini, namun bagi saya yang paling utama adalah harganya yang kompetitif dan terjangkau. Notebook yang hadir dalam versi Windows 10 dan juga DOS ini dijual dengan harga tiga jutaan saja lho. Kalau berdasarkan review dari para mastah, Asus E202 ini adalah notebook harga tiga jutaan dengan rasa lima jutaan.


Sudah jelas banget jika nanti saya memiliki Asus E202 ini maka saya akan mempergunakannya sebagai alat tempur utama saya dalam melakukan aktivitas blogging mulai dari menulis, mengedit foto dan video, mendesain infografis dimanapun saya berada. Mau di rumah, hotel, cafe bahkan outdoor sekalipun saya tetap bisa menuangkan kreatifitas dan imajinasi saya dalam tulisan, foto, infografis dan video.

Asus E202 diperuntukkan bagi saya, Anda dan kita semua yang ingin menjadi manusia kreatif tanpa batas. Batas di sini adalah batas ruang dan waktu, dengan semua keunggulan yang dimiliki oleh Asus E202 maka kita bisa tetap kreatif dimana pun dan kapan pun kita berada.


Asus E202 Kreatif Tanpa Batas





Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com


You Might Also Like

24 komentar

  1. Kerja jadi santai banget dengan notebook ini :)

    BalasHapus
  2. Kemaren beli buat Adik. Eh istri naksir juga 😆

    BalasHapus
  3. pilihan warnanya kok bagus2 semua yah

    BalasHapus
  4. aku lagi bingung mau ganti laptop apa, habis baca ini kok tertarik sama asus jadinyaaaa

    BalasHapus
  5. Aku juga kpikiran ganti laptop nii, recomended yaa kayaknya mas. TfS yaaaa

    BalasHapus
  6. Aku naksir banget nih ama notebook ini.. Enak buat dibawa2

    BalasHapus
  7. Mau warna yang mana mas?? Laptop saya juga bisa dijadiin beban untuk latihan mas, saking beratnya. Tapi kalo ngeliat Asus E202 ini ukurannya mungil

    BalasHapus
  8. Laptopku asuuuus
    Suka banget sama asuuus

    BalasHapus
  9. notebook saya jg asus mas yg layar 10 inc
    enteng dan praktis di bawa kesana kemari

    BalasHapus
  10. Wahhh kayaknya simple nih dibawa...seperti karakter saya yg gak suka ribet...pengennnnn

    BalasHapus
  11. Warna merah nya kece. Saya suka saya suka *pakai nada Mei-Mei temennya Upin Ipin*

    BalasHapus
  12. Aku juga pengen beli yg ini buat ngajar. Bawa laptop kadang kurang efisien. Apalagi lepi sy berisik banget klo malam. Tnx infonya mas.

    BalasHapus
  13. Haduhhh... 3 jutaan rasa 5 jutaan.. jadi mupeng....

    Gudlak buat kontesnya, Mas :)

    BalasHapus
  14. wow tiga jutaan ya...bisa dipertimbangkan nih...

    BalasHapus
  15. Good luck for us ya Wan :) lumayan kalo dapet jadi gak mesti "rebutan" sama Ivone lagi ya hehe.

    Btw, aku suka yang merah. Kamu? *Salah nanya aku, ya jelas biru ya hahaha

    Omnduut.com

    BalasHapus
  16. laptop asus memang sangat handal.. saya sendiri selama ini menggunakan ASUS X454W dan bisa dikatakan tidak pernah trouble..

    BalasHapus
  17. Terima kasih ya sudah ikutan #E202BlogCompetition. Good luck.

    BalasHapus
  18. aku lagi pengen laptop baru yang lebih greng dari asus mas....

    BalasHapus
  19. Asus e202, memang keren dengan pilihan banyak warna

    BalasHapus
  20. Notebook Asus E202 emang keren deh. Desain minimalis, kualitas maximalis, apalagi harganya cukup ekonomis.

    BalasHapus
  21. Asus E202 memang keren, spesifikasi lengkap, warna mempesona dan harga pas di dompet. Kalau saya senang banget sama warna putih, kece abis.... semoga kita dapat satu2 ya...

    BalasHapus
  22. Keren reviewny lengkap banget gan, mampir ya ke blog q. salam kenal juga gan.

    BalasHapus
  23. aku pernah punya yg warna biru sayang ilang -_-

    BalasHapus