Welcome to our website !

Tips Memilih Kain Batik yang Cocok untuk Seragam Kantor

By Januari 18, 2018 ,



Tips Memilih Kain Batik



Batik adalah salah satu jenis dari sekian banyak kain tradisional khas nusantara yang digunakan untuk bahan dasar dalam pembuatan berbagai jenis pakaian atau busana yang siap untuk pakai. Saya sendiri juga menyukai kain batik karena kita bisa tampil elegan sekaligus melestarikan warisan budaya bangsa yang tak ternilai harganya.

Dalam pembuatannya, kain batik mengacu pada dua hal yang pertama yaitu corak dan design dari kain batik tulis yang mengandung unsur budaya yang sangat kental dari masing-masing tempat pembuatan dan juga teknik dalam pewarnaan batik yang menggunakan malam kemudian dilukis pada kain ini secara manual. Zaman now, batik sudah banyak dikenal di seluruh dunia, bahkan juga sudah diakui oleh UNESCO.

Sebagai warga negara Indonesia wajib untuk memiliki pakaian batik karena Anda juga harus menjaga warisan budaya ini. Namun dengan kesibukan kita saat ini seringkali tak ada kesempatan bagi kita untuk hunting kain batik di produsennya atau pasar konvensional. Tak perlu pusing, Anda tetap bisa membeli baju batik di toko online terpercaya yang menyediakan berbagai jenis kain dan juga dengan motif yang sangat beragam. Batik juga bisa digunakan sebagai pakaian kerja, tapi ada beberapa hal harus Anda perhatikan dalam memilih batik untuk seragam kerja ini, yaitu:

1.       Perhatikan jenis kain untuk batik

Jika Anda akan membeli batik maka Anda harus menentukan jenis kainnya yang akan Anda beli baik untuk jenis batik tulis dan juga batik cetak. Untuk kain dari batik tulis bisanya memiliki kualitas yang lebih bagus daripada dari batik yang cetak. Harga batik tulis biasanya juga lebih mahal. Tetapi tidak jarang pula batik cetak yang memiliki kain yang bagus. 

2.       Jenis bahan

Ketika Anda akan membeli batik maka Anda harus memperhatikan jenis bahan kainnya. Untuk dibuat sebagai seragam kantor yang kenakan sehari-hari maka memilih bahan jenis katun pilihan yang tetapi karena bisa menyerap keringat. Serta bahan katun juga lebih nyaman dan adem ketika dipakai.

3.       Raba bagian cetakan warnanya

Rabalah pada warna cat yang terdapat di kain batik ini, pastikan tidak ada warna yang menempel di tangan Anda. Jika warna tersebut tertinggal dari kain ke tangan sudah pasti kain tersebut memiliki kualitas yang rendah. Sehingga jika dijadikan sebagai seragam kantor akan kurang bagus. Untuk itu Anda harus memilih cetakan warna yang menempel bagus pada kainnya dan tidak bisa pudar.

4.       Membalik bahan

Saat Anda memilih bahan kain ini, maka Anda bisa membalik kain ini, pastikan antara dalam dan luar kain ini sama itu berarti kain ini memiliki kualitas yang bagus. Kain yang memiliki kualitas yang bagus maka dibuat dengan proses yang detail sehingga lebih awet. 

5.       Tempelkan kain pada kulit

Kain dengan kualitas yang bagus akan terasa dingin ketika dipakai, sehingga Anda bisa mencoba menempelkannya pada kulit Anda ketika mencobanya dan membelinya. Kain ini juga lebih awet dalam pemakaiannya karena tidak mudah kusam walaupun sudah dicuci berkali-kali.





Mendapatkan kain dengan kualitas batik yang terbaik tentu menjadi idaman Anda. Oleh karena itu lebih baik Anda membeli pada situs belanja online terpercaya yang menyediakanberbagai jenis batik yang bisa Anda pilih untuk seragam atau kemeja kerja wanita atau pria yang lengkap yang mungkin Anda butuhkan. Memilih kain berdasarkan motif yang cocok untuk dikenakan bersama juga penting dan pilihlah batik dengan warna yang netral yang cocok dikenakan di kantor.

Melestarikan warisan budaya bisa dilakukan dengan berbagi macam cara salah satunya dengan selalu memakai baju batik. Batik saat ini juga dibuat dengan desain yang lebih modern sehingga pantas dan juga lebih modis untuk Anda pakai. Dalam memilih kain batik untuk seragam kantor maka Anda juga harus memperhatikan trend batik yang lebih modis.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Iya nih, ku juga kadang suka bingung kl disuruh milih corak batik..

    BalasHapus