Welcome to our website !

9 Bisnis Kuliner Artis di Malang

By Maret 20, 2018 ,




9 Bisnis Kuliner Artis di Malang


Jika Anda mau liburan ke Malang atau Batu tak perlu khawatir mencari wisata kuliner maupun membawa oleh-oleh kuliner untuk kerabat atau teman dekat. Mengapa begitu? Karena sekarang di Malang dan Batu semakin banyak bisnis kuliner yang dijalankan oleh warga setempat maupun orang luar Malang, termasuk para artis Indonesia. Seperti kita ketahui saat ini makin banyak artis yang melebarkan sayapnya di luar dunia entertainment, salah satunya di dunia kuliner.

Malang dan Batu sebagai kota wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara menjadi ladang bisnis yang menjanjikan untuk bisnis kuliner, terutama oleh-oleh khas Malang Batu. Nah dalam tulisan kali ini, saya akan bahas 9 bisnis kuliner artis yang ada di Malang dan Batu. Mau tahu apa saja 9 bisnis kuliner itu? Langsung aja deh baca tulisan saya berikut ini.

  1. Teuku Wisnu – Malang Strudel



Teuku Wisnu boleh dibilang sebagai pelopor bisnis kuliner artis di Malang. Awal mula terciptanya Malang Strudel adalah ketika Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar mencicipi strudel sat berlibur ke Eropa. Bukan hanya mereka berdua, keluarga dan para sahabat yang diberi oleh-oleh strudel juga menyukainya. Strudel sendiri adalah kue berlapis, yang terbuat dari pastry dan di isi berbagai buah-buahan. Strudel sangat popular di Austria.
Kemudian saat Teuku Wisnu dan Shireen berlibur ke Malang, dia pun mendapatkan ide untuk membuat oleh-oleh khas Malang berupa strudel. Apalagi Malang sudah lama kondang sebagai kota penghasil apel yang berkualitas tinggi. Maka dengan bantuan chef professional, Teuku Wisnu menciptakan strudel yang citarasa khas Malang. 


9 Bisnis Kuliner Artis di Malang


 Gerai pertama Malang Strudel berada di Jl. Raya Ardimulyo No.14, Ardimulyo, Singosari dan sekarang sudah bertambah 6 outlet antara lain: Outlet 2. Jalan Soekarno-Hatta Kav. E No.408, Malang (Sebelah Warung Cak Pi’i / Terminal Tiket Malang), Outlet 3. Ruko Istana Jl.WR Supratman C3/24 (depan rumah sakit Lavalete Malang), Outlet 4. Jl.Diponegoro no.171C Batu (depan Batu Town square – Batu), Outlet 5. Jl. Semeru No. 47 Malang (sebelah Timur Perpustakaan Kota dan Arsip Kota Malang), Outlet 6. Jl.Soekarno Hatta Kav.D 408 Malang dan Outlet 7.

Adapun varian Malang Strudel antara lain: Malang Strudel Peach Cheese, Malang Strudel Premium Caramel, Malang Strudel Premium Durian, Malang Strudel Premium Green Tea, Malang Strudel Apel, Malang Strudel Strawberry, Malang Strudel Orange, Malang Strudel Taro dan yang terbaru adalah Strudel O Choco Cheese, Strudel O Apple Almond, Strudel O Mango. Harga Malang Strudel dibandrol mulai dari Rp.48.000 hingga Rp.75.000.

  1. Farah Quinn – Queen Apple

9 Bisnis Kuliner Artis di Malang


Anda pasti tahu siapa Farah Quinn? Celebrity chef yang tidak hanya cantik dan seksi namun piawai beraksi di dapur. Meskipun Farh Quinn aslinya orang Palembang namun dia juga tertarik untuk mencoba peruntungan bisnis kuliner di Malang. Dengan basic ilmu pastry yang dimiliki, Farah Quinn menciptakan Queen Apple yaitu bolu dengan irisan buah Apel yang dipadukan dengan aroma kayu manis. Irisan buah Apel di dalam Queen Apple ini cukup besar sehingga bukan sekedar pemanis saja maka tak berlebihan jika bolu ini dinamain Queen Apple alias Ratu Aple.
Queen Apple memiliki tekstur yang  cukup lembut dan di atasnya diberi toping Choco Scrumble yang membuatnya makin menggoda. Kelebihan lain dari Queen Apple adalah tanpa bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi. Karena tanpa bahan pengawet maka bolu ini idealnya dikonsumsi 3-4 hari sejak masa pembuatan.


9 Bisnis Kuliner Artis di Malang


Pada mulanya, Queen Apple hanya memiliki tiga varian rasa antara lain: Vanilla, Chinamon dan Cheese. Khusus pada moment-moment tertentu, Queen Apple meluncurkan varian baru seperti misalnya pada Bulan Ramadhan mengeluarkan varian Kurma. Selain bolu, tersedia juga Queen Strudel yang menggunakan bahan pilihan, memiliki kulit luar yang renyah dan isian apel yang tidak pelit. Harga Queen Apple mulai dari Rp.60.000 hingga Rp.70.000.


9 Bisnis Kuliner Artis di Malang


Queen Apple dan Queen Strudel bisa didapatkan di outlet-outlet antara lain: Fariz Pusat Oleh-Oleh Batu (Depan Museum Angkut), Kafe Ria Jenaka Batu, Hotel Harris Malang, Kafe Box Bandara Abdurrahman Shaleh Malang, Kafe Box MOG Malang, Kribo Pusat Oleh-Oleh Jl. Tumenggung Suryo 110 A Malang, Queen Appel Jl. Perusahaan no. 6 Karanglo – Singosari – Malang, Kencana Pusat Oleh-Oleh Singosari – Malang, Social Palace, Jl. Raya Danau Maninjau, Sawojajar, Malang dan Queen Appel Jl. Kawi Atas No. 23


  1. Keluarga Anang Ashanty – Kue ASIX



Kekompakan Keluarga Anang Ashanty atau populer dengan nama Keluarga A6 tidak diragukan lagi. Nama A6 diambil inisial nama mereka yaitu Anang, Ashanty, Aurel, Azirel, Arsy, dan Arsya. Meskipun sudah bergelimang harta baik dari dunia entertainment maupun sederet bisnis yang dimilikinya, mereka ternyata juga tertarik untuk terjun di bisnis kuliner oleh-oleh kota Malang. Keluarga A6 meluncurkan kue oleh-oleh kekinian yang diberi nama Kue ASIX.


Dalam acara launching Kue Asix (20/08/2017) Anang Hermansyah menuturkan alasan memilih kota Malang sebagai ladang bisnis kuliner karena kota Malang sudah seperti rumah kedua baginya. Selain itu Anang juga memuji kejujuran Kera Ngalam dalam menilai sesuatu, jika enak akan bilang enak demikian juga sebaliknya.



Kue Asix merupakan sebuah kue bolu yang lembut dengan berbagai rasa filling, topping dan berbagai warna dasar kue bolunya. Kue ini lembut, gurih, manis dan menarik dari segi penampilannya. Keunikan dari Kue Asix adalah pemberian nama-nama varian kuenya yang diambil dari keenam nama anggota Keluarga A6 yaitu Anang Charcoal, Ash Kayagreen, Acabi Chizmelt, Acio Chocolava, Jielly Hazelline, dan Loly Rainberry Velvet. Harga kue Asix untuk Anang Charcoal dan Asha Kayagreen Rp.75.000 sedangkan keempat varian lainnya Rp.57.000.

9 Bisnis Kuliner Artis di Malang





Kue Asix hanya dijual di Jl. Guntur No. 8, Oro-oro Dowo, Klojen, Malang, lebih tepatnya di belakang Gereja Idjen yang berada di kawasan Jl. Besar Ijen Malang.



  1. Krisdayanti – Makobu Cake

9 Bisnis Kuliner Artis di Malang


Sebagai orang Batu asli, wajar jika Krisdayanti nggak mau kalah dengan para artis yang sudah lebih dulu membuka bisnis oleh-oleh kekinian di Malang dan Batu. Makobu Cake, nama yang dipakai oleh Sang Diva untuk kue oleh-oleh produksinya tersebut. Makobu sendiri merupakan akronim dari Malang Kota Bunga, nama Makobu sebelumnya pernah dipakai oleh sebuah stasiun radio lokal di Malang.
Seperti halnya Kue Asix, Makobu Cake merupakan kue bolu dengan lapisan puff pastry tipis di bawah kue atau di lapisan atas kue. Saya pribadi belum mencoba Makobu Cake namun menurut testimony di internet, kue Makobu ini sangat lembut dan enak. Lalu filling maupun topping nya manis dan nggak eneg.


9 Bisnis Kuliner Artis di Malang


Adapun varian Makobu Cake antara lain Castella Chocolate, Castella Banana Chruncy, Castella Apple, Castella Cheese, Castella Blueberry dan Castella Cappucino. Harganya berkisar antara Rp.59.000 hingga Rp.69.000.
Outlet Makobu Cake juga hanya satu yaitu di Jalan Besar Ijen No. 82 RT 05 RW 05, Oro-oro Dowo, Klojen, Malang.

  1. Andre Taulany – Ini Keripik

9 Bisnis Kuliner Artis di Malang


Malang sebetulnya sudah memiliki oleh-oleh khas yaitu keripik tempe dan keripik buah, kelebihan dari keripik khas Malang ini adalah bahan dasarnya yang cukup berlimpah di Malang Batu serta memiliki daya tahan yang lebih lama dari kue oleh-oleh artis yang mayoritas hanya bertahan 3-4 hari saja.


Dua kelebihan inilah yang kemudian dilirik oleh mantan musisi yang kini lebih terkenal sebagai comedian yaitu Andre Taulany. Bang Andre meluncurkan produk keripik dengan bahan buah-buahan lokal Malang Batu yang diberi nama Ini Keripik. Pemilihan nama Ini Keripik mengingatkan kita pada acara talkshow yang dipandu oleh Andre dan Sule di salah satu tv swasta yaitu Ini Talkshow.


9 Bisnis Kuliner Artis di Malang


Ini Keripik memiliki 11 varian antara lain: Keripik Apel dengan 4 varian rasa: Original, Cheese, Barbeque dan Blackpaper kemudian ada Keripik Tempe, Keripik Udang, Keripik Cumi, Keripik Ikan Dory, Keripik Mangga, Keripik Pepaya Dan Keripik Kentang. Untuk bahan keripik seafood bahannya didatangkan dari Malang Selatan yang terkenal dengan pantainya yang indah dan hasil tangkapan ikannya yang melimpah. Harga Ini Keripik dibandrol mulai dari Rp.27.500 hingga Rp.37.000.


9 Bisnis Kuliner Artis di Malang


Adapun outlet Ini Keripik hampir sama dengan outlet Queen Apple karena masih berada dalam satu manajemen antara lain:  Ruko Soekarno Hatta Blok 32. Jl. Soekarno Hatta Lowokwaru Malang, Oultet Singosari: Jl.Raya Randu Agung No.11 A Singosari, Outlet GH: Jl.Perusahaan No.6 Tunjungtirto Karanglo Singosari, Outlet Kawi: Jl.Kawi Atas No.23 Malang, Outlet Ria Jenaka: Jl.Ir. Soekarno No.142 Beji Batu, Outlet Jatim Park 3: Jl.Ir. Soekarno No.144 Beji Batu dan Outlet Fariz Oleh-Oleh:  Jl. Sultan Agung 30 Batu (Depan Museum Angkut).


Bisnis kuliner artis di Malang dan Batu tidak hanya melulu berupa oleh-oleh, beberapa artis memilih untuk membuka café maupun restoran yang memiliki ciri khas dan kelebihannya masing-masing. Nah sependek pengetahuan saya, setidaknya ada 4 tempat makan milik artis yang sudah membuka cabang di Malang. Oke lanjut lagi yaa.

  1. Ruben Onsu – Geprek Bensu
9 Bisnis Kuliner Artis di Malang

Berbeda dengan para sahabatnya Rafi, Gigi dan Ayu Ting-Ting yang membuka bisnis oleh-oleh artis, Ruben Onsu memilih untuk membuka kedai makan yang menawarkan menu ayam geprek yang diberi nama Geprek Bensu.
Ayam geprek sendiri sudah sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia, menu olahan ayam goreng yang ditumbuk hingga dagingnya terkoyak, kemudian disajikan dengan lalapan dan sambal bawang ini memang merupakan hidangan murah meriah namun rasanya begitu memanjakan lidah.

9 Bisnis Kuliner Artis di Malang

Di Kota Malang sudah ada kedai-kedai ayam geprek lokal yang sudah berdiri lebih dulu antara lain Geprek Ayam Nelongso, Geprek Mbok Judes dan Geprek Mbok Djayus. Nah yang membedakan Ayam Geprek Bensu dengan ayam geprek lainnya adalah level atau tingkat pedas yang bisa dipilih dan penggunaan keju parut dan keju mozarella. Adapun  menu yang ditawarkan Geprek Bensu antara lain: Paket Geprek, Paket Geprek Keju, Paket Geprek Leleh dan Paket Geprek GARPU (Geprek Serba 5 Ribu). Ada juga paket geprek yang mengganti menu nasi dengan mie. Harga yang ditawarkan Geprek Bensu cukup bersahabat yaitu mulai Rp.5.000 hingga Rp.25.000. Meskipun ayam geprek seharga Rp.25.000 terbilang mahal di Kota Malang namun worth it dengan citarasa dan keunikannya.


Kedai Geprek Bensu di Malang sudah ada dua yaitu di kawasan Soekarno Hatta Jl. Soekarno – Hatta, Mojolangu, Kec. Lowokwaru dan di belakang BCA Kawi Jl. Panderman No.2a, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang. Saya sendiri sudah mencoba yang di BCA Kawi, tempatnya cukup luas dan recommended bagi yang membawa anak kecil karena disediakan area playground.


  1. Magdalena – Ow My Plate

9 Bisnis Kuliner Artis di Malang


Jika Anda ingin menikmati sajian kuliner yang unik berupa letusan gunung berapi yang terbuat dari nasi goreng maka mampirlah ke Ow My Plate. Restoran café yang menyajikan menu andalan Volcano Rice ini adalah milik presenter Magdalena Tan. Geliat bisnis kuliner di Malang yang begitu menjanjikan rupanya membuat Magdalena tertarik untuk membuka cabang Ow My Plate.




Nama Ow My Plate sendiri dipilih oleh Cici Magdalena karena ingin memberikan kesan WOW kepada para pengunjung lewat makanan yang disajikan di atas hot plate. Menu yang bisa kita nikmati di Ow My Plate terbagi atas beberapa macam. Ada menu Oriental antara lain: Ayam Goreng Saus Telur Asin, Ayam Kuluyuk, Ayam Saus Mentega dan Bumbu Mala Lada Batak. Japanese Delight: Black Pepper Sauce, Teriyaki Sauce dan Japanese Curry Sauce. Tak ketinggalan menu internasional seperti White Cream Pasta, Aglio Olio dan Fish & Chips with Cheese Sauce. Menu Nusantara lainnya yang juga dipermak menjadi kekinian juga ada seperti Sambal Matah, Gulai Kari Ayam, Saus Sate, Kepiting Saus Padang dan Spaghetti/Rice Rica-Rica. Varian nasi goreng lainnya selain Volcano Rice adalah Nasi Goreng Teri Cabe Ijo, Nasi Goreng Butter Chicken & Mushroom dan Nasi Kulit Sambal Bu Nur.




Harga yang ditawarkan Ow My Plate terbilang agak mahal untuk ukuran kota Malang, harga makanannya mulai dari Rp.25.000 hingga Rp.55.000, sedangkan dessert dan minuman mulai dari Rp.10.000 sampai Rp.25.000. Namun jika Anda ingin mencoba menu ala hot plate yang unik rasanya worth it lah dengan membayar harga segitu. Kedai Ow My Plate beralamat di Jl. Panderman No.3, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang, letaknya berseberangan dengan Geprek Bensu Kawi.


  1. Peggy Melati Sukma – Geprek Mbok Moro

9 Bisnis Kuliner Artis di Malang


Awal mula menemukan kedai Geprek Mbok Moro ini sebetulnya tidak sengaja, waktu itu saya dan keluarga sedang belanja bulanan di Giant Ekspress Kebonsari , Sukun, Malang. Nah karena merasa lapar kami pun menuju ke food court, nah di sana kami langsung tertarik melihat kedai Geprek Mbok Moro yang berwarna merah menyala tersebut.
Peggy Melati Sukma sendiri sebetulnya bukan pemilik Geprek Mbok Moro, dia hanya didaulat sebagai Duta Pedas Mbok Moro. Kedai ayam geprek yang memiliki tagline “Sego Sak Warege Lombok Sak Pedese” ini adalah Arif Adi Nugroho dan awalnya merintis kedai pertamanya di Yogyakarta.


9 Bisnis Kuliner Artis di Malang

Sesuai dengan taglinenya, para pengunjung bebas mengambil nasi dan sambal sebanyak-banyaknya. Tak perlu takut kepedesan karena pengunjung bisa menambah es tehnya jika sudah habis. Harga yang ditawarkan Geprek Mbok Moro cukup bersahabat di kantong yaitu mulai dari Rp.6.500 hingga Rp.15.000.


  1. Jessica Iskandar – Jedar Koofee



Mama dari si ganteng El Barack ini tak mau ketingalan terjun di bisnis kuliner, yaitu dengan mengeluarkan menu berbahan dasar kopi yang dinamain Jedar Koofee. Ide bisnis ini berawal dari kecintaan Jessica Iskandar pada kopi, dalam sehari dia bisa menikmati 1-2 gelas kopi.
Jedar Koofee diciptakan dari perwujudan Ready To Drink (RTD) yang halal, fresh, tanpa preservatife dan menggunakan natural sugar yang disuguhkan di kemasan botol yang dingin dan menyegarkan. Jedar koofee juga tersedia untuk peminat kopi yang ingin meracik sendiri kopinya dengan cara Dine-In.
Jedar Koofee ini dibuat dengan cara yang nggak biasa, yaitu menggunakan metode cold brew. Metode ini mengestraksi biji kopi selama 24 jam dengan air mineral. Kemudian direndam dalam proses yang cukup lama. Setelah diseduh kadar asam dari kopi tersebut jadi lebih sedikit. Semakin berkurang kadar asamnya maka kita nggak perlu takut lagi terganggu masalah pencernaan. Jadi buat Anda yang punya penyakit maag tak perlu kuatir menikmati kopi ini.
Jedar Koofee ini memiliki banyak varian rasa dari mulai Latte, Mocha, Hazelnut, Tiramisu dan Red Velvet. Jedar Koofee dijual di outlet Chick ‘n Roll yang ada di seluruh Indonesia, kalau di Malang ada di Malang Town Square. Harga Jedar Koofee ini Rp.25.000, kalau untuk orang Jakarta mungkin terbilang murah ya. Kalau buat saya, mikir-mikir dulu deh karean saya emang bukan penggemar kopi.

Itulah 9 bisnis kuliner artis di Malang dan Batu versi papa blogger Ihwan Hariyanto, dari 9 makanan di atas saya sudah mencoba 7 diantaranya yaitu Malang Strudel, Queen Apple, Asix, Ini Keripik, Geprek Bensu, Ow My Plate dan Geprek Mbok Moro. 

9 Bisnis Kuliner Artis di Malang

9 Bisnis Kuliner Artis di Malang



9 Bisnis Kuliner Artis di Malang


Melihat fenomena banyaknya artis yang membuka bisnis kuliner di Malang Raya, sebagai warga Malang saya sih welcome aja karena mau melarang juga saya nggak punya hak. Banyaknya bisnis kuliner artis di Malang dan Batu menunjukkan bahwa potensi ekonomi di kota kami cukup diperhitungkan, ikut bangga juga sih. Trus sebagai konsumen juga menambah referensi kami di dunia kuliner, kalau ada kerabat atau teman main ke Malang atau sebaliknya maka oleh-oleh milik artis ini bisa jadi pilihan. Harapannya para artis itu tidak hanya memikirkan profit semata namun juga ikut memaksimalkan penggunaan SDA dan SDM setempat di dalam bisnis mereka sehingga ikut menaikkan taraf ekonomi warga Malang Raya, aamiin.


Referensi

www.malangstrudel.com

www.gigieatcake.com

www.aremafood.com

www.berita360.com

www.gadis.co.id




You Might Also Like

5 komentar

  1. Wiih, ternyata banyak banget yaa mas artis yang punya usaha di Malang...
    Baru dua aja nih yang aku pernah coba, Malang Strudle sama Keripiknya Pak Andre Taulani...

    mungkin kapan-kapan bisa coba yang lainnya... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak kemungkinan akan nambah lagi karena ada beberapa artis asal Malang yang belum punya usaha kuliner di Malang. Pasti setidaknya mereka punya planning.

      Hapus
  2. Woaaahhh... Banyak banget ya. Tapi aku penasaran sama Apple Crispy, sekrispi apa ya? Dulu nyoba agak2 keras hehe. Soalnya aku kenalnya ya keripik ini yang bener2 oleh2 dari Malang.

    BalasHapus
  3. Di Malang yang tujuan utama para artis ya mas, next time Jember ya, amin...

    BalasHapus
  4. Waaa Malang banjir kue artis. Aku blm pernah nyoba satupun nih.

    BalasHapus