Welcome to our website !

CREATE VLOG BY INI VINDY

By Maret 08, 2018 ,




CREATE VLOG BY INI VINDY


Hari Senin kemarin saya mengikuti Kelas Konten Vlog yang diadakan oleh Akademi Berbagi Malang (@akbermlg) Parade Film Malang dan Ngalup.Co. Adapun pembicara dalam kelas ini adalah Arie Ramadhan dari Malang Creator dan Mbak Ini Vindy (@inivindy) seleb beauty vlogger dari Malang. Materi yang disampaikan dalam Kelas Konten Vlog ini bergizi banget, terutama untuk saya yang sedang getol belajar ngevlog.

Yang pertama memberikan materi dalam kelas ini adalah Mbak Ini Vindy. Sebetulnya penampilan youtuber bernama asli Harfrida Vindy Agustie ini dadakan karena tidak tercantum dalam banner yang saya dapatkan dari grup Yotuber Malang. Makanya ketika saya datang sempat kaget juga, apa pematerinya diganti. Setelah saya bertanya kepada CP Akademi Berbagi Malang yaitu Mbak Mirza R Malina barulah saya tahu ternyata ini materi dadakan.


CREATE VLOG BY INI VINDY


Meskipun dadakan namun materi yang disampikan Mbak Vindy bergizi banget lho. Mama Ivon yang ngefans ama beliau langsung pengin ikutan juga. Planning awal itu sementara saya ikut Kelas Konten Vlog, Mama Ivon dan Mas Aiman main di rumah salah satu sahabat Mama Ivon yang rumahnya tak jauh dari Ngalup.Co. Ternyata belum sampai di lokasi, Mas Aiman sudah ketiduran. Akhirnya Mama Ivon pun menitipkan Mas Aiman dan nyusul saya ke Kelas Konten Vlog.
Mbak Vindy ini seorang beauty vlogger yang subs-nya udah ratusan ribu bahkan videonya ada yang ditonton sampai jutaan view lho. Yang membedakan Mbak Vindy dengan beauty vlogger lainnya adalah dia sering menampilkan make-up unik yaitu make up fantasi dan karakter. Adapun karakter yang pernah dia bikin di wajahnya antara lain tokoh penting seperti  Bung Karno, Jokowi hingga Ridwan Kamil. Pernah juga dia membuat karakter horror seperti Valak, Zombie hingga Ibu Pengabdi Setan. Ciri khas lainnya adalah di setiap videonya Mbak Vindy selalu menggunakan Bahasa Jawa yang medok, tetapi hal itu tak mengurangi minat para fans untuk menonton videonya.

CREATE VLOG BY INI VINDY



Oke, sekarang langsung aja kita menuju materi Create Vlog by Ini Vindy.

  1. Hubungkan dengan Sesuatu yang Trending
Agar video kita lebih mudah dan cepat direkomendasikan oleh Youtube (YT) maka buatlah video dengan tema yang sedang trending saat ini. Misalnya ketika sedang booming film Dilan kita bisa bikin video parody Dilan. Kalau Mbak Vindy sih udah nggak terhitung lagi video make-up yang temanya lagi trending misalnya Valak, Conjuring 2, Pengabdi Setan hingga Justice League.

  1. Durasi Jangan Terlalu Panjang
Penonton di youtube memang kebanyakan lebih suka video-video dengan durasi pendek. Hal ini pernah disampaikan juga oleh Mas Teguh Sudarisman dalam workshop yang pernah saya ikuti. Menurut Mbak Vindy, durasi video yang ideal untuk pemula adalah kurang dari 10 menit. Kecuali kalau kita sudah ngetop seperti para artis atau seleb vlogger, para fansnya malah biasanya minta agar durasi videonya dipanjangin. 

  1. Opening yang Menggigit
Setiap hari ribuan video diupload ke YT maka kita harus berjuang ekstra keras agar video kita mendapatkan perhatian dari penonton. Caranya adalah dengan membuat opening yang menggigit. Mbak Vindy mencontohkan, misalnya kita membuat video kuliner bisa membuat opening dengan adegan kita (pura-pura) terjatuh saat menuju restoran. Atau bisa juga dengan adegan kita sedang kepedesan saat menyantap makanan.

  1. Judul yang Jelas (Bukan Judul yang Keren)
Buat kita yang pemula, nggak usah sok-sokan bikin judul yang keren. Di YT juga memerlukan SEO, nah salah satunya adalah dengan membuat judul yang jelas. Dengan judul yang jelas maka akan memudahkan mesin YT dan Google mengindeks video kita. Jangan lupa juga memasukkan keyword di dalam judul.

  1. Thumbnail Menarik
Ini sama kayak point nomer 3, agar video bisa bersaing dengan ribuan video lainnya maka buatlah thumbnail yang menarik. Mbak Vindy mencontohkan thumbnail video-videonya yang memang eye catching seperti make-up ala Valak, Before-After yang berbeda banget hingga thumbnail wajahnya yang seolah-olah digerogoti penyakit kulit yang mengerikan.



  1. Suara yang Jernih
Suara memang sangat penting sekali di video karena lewat suara lah, penonton bisa menangkap pesan yang kita sampaikan. Berbeda dengan blog dimana audience cukup menggunakan indera penglihatan untuk menangkap pesan atau materi yang kita sampaikan. Nah video membutuhkan indera penglihatan dan pendengaran, video dengan gambar yang bagus sekalipun akan langsung diskip oleh penonton jika kualitas suaranya jelek: volume kecil dan tidak jernih.

  1. Feedback Dari Penonton
Apakah Anda selalu ngomong gini di akhir video: “Jangan lupa ya like, komen, share dan subs channel akyuu. Makaciih.”
Itu nggak salah kok, tapi lebih oke lagi jika di video ada feedback pada penonton di akhir video. Feedback bisa berupa meminta saran di komen atau melontarkan beberapa pertanyaan atau bisa juga request. Misalnya gini: “Kira-kira make-up tokoh siapa lagi yaa yang keren untuk saya bikin di video selanjutnya?”

  1. Buat Jargon yang Unik
Agar branding kita terbentuk maka ciptakan jargon yang unik, misalnya style unik dalam menyapa penonton. Kalau Mbak Vindy biasa menyapa penontonnya dengan sebutan: Rek. Kata Rek ini adalah sapaan khas Jawa Timuran. Kalau dalam Bahasa Inggris sama dengan kata: Guys. Contoh lainnya Agung Hapsah yang selalu menutup videonya dengan kalimat: Stay Classy!

  1. Soft Selling
Sof selling nggak hanya ada di blog, dalam video pun kalau kita emang mau jualan atau kerjasama dengan suatu brand maka lakukan dengan cara yang elegan. Biasakan untuk memasukkan produk pada video/ig untuk memancing atau berdagang. 


CREATE VLOG BY INI VINDY



Selain menyampaikan materi Create Vlog by Ini Vindy, Mbak Vindy juga memberikan beberapa Tips sukses dalam mengelola channel youtube kita.

  1. ENGAGEMENT. Dahulukan engagement antara creator dengan follower yaitu dengan segera membalas komen di video kita pada satu jam pertama setelah diposting. Mbak Vindy berpesan agar tidak keburu nafsu mengupload video baru sebelum membalas semua komen di video terakhir yang kita upload. Ini makjleb banget buat saya karena selama ini banyak komen yang belum saya balas tapi sudah keburu upload video baru.
Menurut Mbak Vindy, interaksi yang ada dalam video akan membantu menaikkan engagement video kita. Pada akhirnya akan menentukan posisi video kita dalam pencarian di search engine. Ini sebelas dua belas dengan di dunia blog ya.

  1. KONSISTEN DAN PROSES. Jangan menunggu memiliki kamera atau laptop mahal untuk berkarya. Buatlah video pertama Anda dengan apa yang Anda miliki saat ini. Nggak perlu malu karena postingan pertama adalah postingan yang paling jelek di antara lainnya, itu hal yang wajar.
Pesan Mbak Vindy, konsisten dengan niche atau tema yang kita angkat. Jangan mudah tergoda melihat kesuksesan channel lain. Dengan video yang niche-nya konsisten akan memudahkan search engine mengindeks video kita. Kalau kita sering gonta-ganti tema juga akan membuat Google Adsense kebingungan memasang iklan yang sesuai untuk video kita.

  1. BE UNIQUE. Cari sesuatu yang unik dan berbeda dalam diri kita. Galih apa saja kelebihan dan keunikan yang kita miliki dan maksimalkan itu di setiap video kita. Ini masih jadi PR buat saya karena belum menemukan sesuatu yang unik dalam diri saya hiks. Kalau hanya sekedar penyuka warna biru, masih banyak orang di luar sana yang lebih maniac menyukai satu warna tertentu. 
    INI VINDY
  2. KOLABORASI. Di dunia youtube sudah jamak dilakukan yang namanya kolaborasi antar youtuber. Yang paling jamak sih kolaborasi antara youtuber pemula dengan youtuber seleb, tujuannya untuk bertukar audience. Goal yang diinginkan adalah dengan kolaborasi tersebut akan mengatrol jumlah subscriber dan view di channel youtuber pemula. Kolaborasi semacam ini nggak dosa kok.
Namun Mbak Vindy mengingatkan agar kolaborasi jangan hanya dipakai untuk panjat sosial saja. Jadikan kolaborasi sebagai cambuk agar kita tetap semangat berkarya dan berbagi ilmu.

  1. JUALAN? WHY NOT! Jangan malu kalau dibilang atau bahkan dibully oleh penonton kalau kita jualan di video kita. Online shop yang penghasilannya jutaan aja nggak malu jualan di sosmed, lantas kenapa kita yang masih pas-pasan ini malu jualan di video. Mbak Vindy malah menuturkan agar jangan hanya mengandalkan pendapatan dari adsense saja, online dan offline harus jalan agar kita tetap bisa survive. Jualan nggak hanya barang aja, bisa juga skill yang kita miliki. Misalnya dengan video make-up tutorial, kita bisa membuka jasa make-up atau les make-up untuk para penonton.
Sebelum kita berjualan, lebih utama memahami marketing atau jadi reseller dulu sehingga kita bisa menimba ilmu dan pengalaman. Berjualanlah ke orang lain dulu, jangan ke teman. Why? Teman biasanya minta gretongan wekekeke.
Trus juga gunakan admin di awal kita berdagang. Agar fair dan terhindar dari todongan teman yang minta diskon atau gratis. Kalau belum mampu bayar admin, pura-pura aja dulu jadi admin dengan memakai nama samaran.

  1. ENDORSER ATAU INFLUENCER. Jangan pelit untuk memberikan barang kepada endorser atau influencer agar barang kita lebih banyak dikenal masyarakat. Nggak perlu ngoyo ngendorse seleb atau influencer yang sudah top, yang masih pemula juga tidak apa-apa. Justru biasanya mereka lebih rajin mempromosikan barang dagangan kita.
  2. DOA DAN SEDEKAH. Kalau semua usaha sudah kita lakukan maka selanjutnya kita tinggal berdoa kepada Allah agar usaha kita berhasil. Jangan lupa juga untuk sedekah karena di setiap harta yang kita terima, ada hak orang-orang tak mampu yang harus kita berikan.

INI VINDY


Wiih ternyata banyak banget neh materi yang disampaikan Mbak Vindy, tapi kemarin itu rasanya kok cepat banget ya? Nggak heran sih karena Mbak Vindy menyampaikan materinya dengan cara yang asyik dan nggak membosankan. Untuk materi kedua dari Arie Ramadhan dari Malang Creator akan saya tulis di postingan berikutnya. Oke terimakasih buat Anda yang sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan saya ini, semoga bermanfaat terutama bagi Anda yang ingin terjun di dunia vlog. Kalau ada pertanyaan atau tips tambahan silakan tulis di komentar yaa, makasih.


You Might Also Like

21 komentar

  1. Waaah bener2 bergizi. Itu kalo dia ngomong di depan umum, medok juga kah mas kaya yg di videonya?

    BalasHapus
  2. Nebeng belajar di sini aku ��. Beruntung banget yg bisa hadir di situ, materinya jempol

    BalasHapus
  3. Mantep sharingnya nih, ma kasih Bang. :-)

    BalasHapus
  4. Bergizi banget tipsnya, noted banget buat makin produktif bikin video.

    BalasHapus
  5. Mbak Vindi emang sangar ilmunya. Baik juga karena selau mau berbagi

    BalasHapus
  6. Mantap ini tips nya, aku susah buat suara jernih di video selalu ada suara anak-anak atau jalanan depan rumah hiks... semoga bisa lebih baik lagi deh tulisannya menginspirasi.

    BalasHapus
  7. Tipsnya bermanfaat banget nih
    Baca tipsnya aja udah padat banget intisarinya, apalagi kalau datang ke acaranya langsung

    BalasHapus
  8. Noted. Baru mau bikin vlog nih. Membantu banget infonya

    BalasHapus
  9. Vlog mulai dilirik banyak pihak, sangat mendukung tulisan yg dibuat. TFS kakak

    BalasHapus
  10. jadi tau kalau mau buat video di YT harus memperhatikan tips di atas. Tapi sampai sekarang belum berani buat video untuk YT :)

    BalasHapus
  11. Wah materinya menarik dan bermanfaat.

    BalasHapus
  12. aku punya youtube tapi belum maksimal dipakainya nih, hanya bikin klo buat reportase aja

    BalasHapus
  13. wah, seru nih...ilmunya berguna bgt. note ah...

    BalasHapus
  14. Suka banget quote di image terakhir!

    BalasHapus
  15. Makasih banget tips nya kakak sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  16. Wahhh tipsnya makasih banyak mas. Nanti aku someday berkunjung lagi kesini untuk serap ilmnya lagi kalau aku lupa :)
    Kalo soal durasi aku kadang suka lupa, soalnya tutorial agak susah kalo dibawah 10menit :(

    BalasHapus
  17. Klo aku udh menerapkan poin engagement di IG. Jd upload foto baru stlh smua komen dan like di foto sebelumnya dibalas.

    BalasHapus
  18. Aku jadi banyak belajar dari materi ini mas. Masih pemula jadi youtuber. ☺

    BalasHapus
  19. Mas aku pngen dkasih tau cara buat thumbnail yg kece di video.
    Ini aku masih blm nemu ilmunya.
    Kalo berkenan hisa japri ya mas,atau misal ada link tulisannya bisa info jg,tp kalo balas komen dblog seringnya gk dbuka lagi,dicolek di wa aja y mas,atau grup..hhee

    BalasHapus
  20. Terima kasih sharingnya Pak Ihwan ^.^

    BalasHapus
  21. Aku mau ngevlog tapi masih malu ngomong depan kamera wkwkwkw. Btw aku juga fans sama inivindy.

    BalasHapus