Welcome to our website !

Tips Memilih Baju Koko

By April 02, 2018



Salah satu fashion item yang wajib dimiliki oleh pria muslim adalah baju koko. Baju yang memiliki ciri khas pada kerahnya ini merupakan hasil asimilasi budaya Tiongkok dan Betawi, konon pada masa dahulu orang Betawi menyebutnya Tikim yang sebenarnya berasal dari Thui-Kim yaitu baju yang biasa dipakai pria China yang pada awalnya baju Thui-Kim ini dikenakan oleh para ‘Engkoh-Engkoh’ (kakak laki-laki dalam bahasa China) kemudian diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi Koko. 

Baju koko pria pada awalnya dipakai hanya saat beribadah, mengikuti acara keagamaan atau di hari-hari istimewa seperti Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha. Namun seiring perkembangan fashion Muslim, kini banyak pria muslim yang memakainya dalam aktivitas sehari-hari. Agar Anda tetap tampil menarik sekaligus nyaman mengenakan baju koko pria, maka ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan ketika membeli baju koko pria. Kira-kira apa saja ya, yuk langsung aja simak point-point di bawah ini.

Ukuran
Memilih ukuran baju yang pas dengan badan kita sangat penting. Jangan sampai baju koko pria yang kita beli ternyata terlalu besar atau terlalu kecil di badan karena akan mengurangi rasa nyaman sekaligus rasa percaya diri. Orang yang melihat pun bisa menduga-duga, kita bisa dikira nggak becus memilih baju atau memakai baju pinjaman. Nggak mau kan mengalami seperti itu? Apalagi jika Anda membeli baju koko pria secara online, Anda harus benar-benar memastikan bahwa ukurannya sesuai dengan tubuh.

Bahan
Bahan baju koko di pasaran ada tiga macam yaitu Poliester/Tetoron yang terbuat dari serat buatan semacam plastik, bahan ini panas saat digunakan dan tidak menyerap keringat, harganya relatif murah. Bahan level kedua adalah Rayon yang dibuat dari serat alam, sangat adem atau dingin saat digunakan hanya saja kelemahannya adalah mudah kusut. Harganya diatas kain poliester. Bahan yang paling baik dan nyaman adalah katun yang nyaman di kulit dan menyerap keringat. Kain katun pun memiliki banyak varian tergantung kualitas dan harganya.



Motif/Bordir
Baju koko pria zaman now biasanya memiliki berbagai macam motif dan bordir, mulai dari yang sederhana/simple sampai yang detail banget. Untuk keperluan ibadah maka pilihlah baju koko dengan motif/bordir yang sederhana/simple agar tidak mencolok dan mengganggu kekhusyu’an ibadah orang lain. Sedangkan baju koko dengan motif/bordir detail bisa dipakai saat menghadiri acara semi formal atau formal misalnya acara hari raya atau pernikahan.

Warna
Seperti halnya motif/bordir, untuk pemilihan warna ini pun disesuaikan dengan untuk event apa kita memakainya. Jika dipakai untuk beribadah pilihlah warna yang kalem seperti putih atau krem agar tidak menarik perhatian dan tidak menggangu konsentrasi ibadah. Untuk event semi formal dan non formal lebih bebas pemilihan warnanya, bisa disesuaikan dengan kesukaan dan kepribadian Anda. Kalau saya sih sudah pasti pilih warna biru, untuk ibadah biru muda sedangkan event lain bisa varian warna biru yang lebih mencolok dan menarik.

Model
Baju koko pria zaman now memiliki model yang lebih bervariasi, pilihlah yang memang sesuai dengan kepribadian dan event apa yang akan kita hadiri. Untuk kegiatan ibadah pilihlah yang model konvensional/sederhana, sedangkan untuk event semi formal dan non formal bisa memakai model baju koko pria yang lebih fashionable misalnya yang model slim fit atau model terbaru yang diramal akan banyak diminati di Ramadhan dan Lebaran tahun ini yaitu Baju Koko Black Panther yang membuat Anda tampil Islami namun tetap macho dan menawan.

Demikianlah 5 point penting yang harus Anda perhatikan saat membeli baju koko pria, baik itu membeli secara offline apalagi online. Sebentar lagi kita akan bertemu kembali dengan Bulan Ramadhan, tidak ada salahnya kita mempersiapkan jauh-jauh hari baju koko yang akan kita pakai nanti saat beribadah. Tujuannya agar waktu-waktu yang istimewa di Bulan Ramadhan tidak kita habiskan untuk hunting baju koko, salam.



You Might Also Like

1 komentar