Welcome to our website !

Tips Menjadi Blogger Produktif

By Mei 15, 2018






Keinginan terbesar saya sebenarnya, ingin jadi lebih produktif lagi dari hari-hari sebelumnya. Tapi bukan sekedar sibuk ‘wara-wiri’ kesana kemari ya. Saya ingin aktivitas saya sebagai blogger ini bisa membuahkan hasil sekaligus tetap bisa mengurus keluarga secara full time.

Kalau istri nanya, sebenarnya pekerjaan yang saya mau itu bagaimana, saya tentu masih memiliki jiwa muda yang ingin sibuk bekerja. Tetapi, menjadi karyawan itu jam kerjanya cukup lama dan menyita waktu, dari pagi hingga sore, bahkan kadang lembur sampai malam. Beda banget dengan menjadi blogger yang bisa ‘agak’ santai dan bebas jam kerjanya, meski tetap saja harus mengerjakan tulisan yang tidak sedikit.

Tapi yang namanya hobi serta senang ngeblog, pekerjaan seperti ini tentu membuat saya enjoy untuk menjalaninya. Di samping itu semua, saya juga punya tekad untuk bisa bekerja lebih produktif dalam menulis. 

Gimana cara saya untuk bisa produktif? Berikut tips atau cara yang saya terapkan:

Susun rencana. Setiap malam hari, saya biasa mengecek buku catatan kecil saya atau notes di smartphone untuk memikirkan dan menuliskan rencana untuk esok dan hari-hari berikutnya. Sekedar buat to-do-list, saya biasanya tulis apa yang mau saya kerjakan, ide atau tema konten untuk menulis di blog dan kegiatan lainnya.

Multitasking is a must. Kalau saya, nggak multitasking ya nggak produktif. Mengapa demikian? Karena, kalau sudah berkeluarga itu, kita akan sulit memiliki waktu untuk diri sendiri termasuk mengerjakan apa-apa yang ingin kita kerjakan. Pulang kerja sudah ditunggu oleh anak-anak yang ingin ditemani bermain, kadang setelah menidurkan anak, saya langsung buka smartphone, mulai produksi tulisan, buka email, browsing, balas chat dan lain sebagainya dalam satu waktu. Kalau sudah begini sih syukur banget ada smartphone yang ngedukung ya kayak OPPO F7 yang punya fitur App-in-App dan Full Screen Multitasking. Karena aplikasi bisa di-split screen, komunikasi jadi bisa saya lakukan meski lagi buka aplikasi lain tanpa terganggu. Pindah-pindah aplikasi juga mudah. Tenang aja gak akan lag karena RAM-nya luas, Bu.

Buat Jadwal. Ini juga, thanks to OPPO F7 lagi. Soalnya, teknologi Artificial Intelligence (A.I)-nya bisa ngebantu saya dalam mengatur jadwal-jadwal penting. Termasuk kalau saya punya jadwal perjalanan bisa langsung dinotif berkat A.I Board.

Cara-cara di atas tersebut juga menjadi solusi buat saya yang cukup merasa kerepotan selama ini dengan segala aktivitas saya. Saya pun bisa jadi merasa lebih produktif lagi tentunya tentunya dibantu fitur A.I di OPPO F7. 

Itulah tadi sharing singkat saya bagaimana agar menjadi lebih produktif. Kalau teman-teman di sini gimana? Sharing yuk di kolom komentar.


You Might Also Like

0 komentar