Welcome to our website !

Company Visit Finalis Wirausaha Muda Mandiri 2018 ke Jatim Park 3

By September 19, 2018 ,



Company Visit Finalis Wirausaha Muda Mandiri 2018 ke Jatim Park 3



“Mas, boleh tau nggak apa alasan Bank Mandiri ngadain event Wirausaha Muda Mandiri 2018 ini di Malang?” tanya saya kepada Mas Kasyfil Warits, Corporate Communication Bank Mandiri, saat sesi ishoma dalam event Company Visit Finalis Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2018 ke Jatim Park 3.


“WMM 2018 diadakan di Malang karena tahun lalu ada 7 peserta dari Malang yang lolos. Tapi sayangnya tahun ini jumlah peserta dari Malang malah menurun hanya 1 orang hehehe,” ujar Mas Kas, begitu dia akrab dipanggil.

“Oh Pandu, mahasiswa FTP UB itu ya Mas? Dia membuat Osmotech, mesin pengasin telur, tadi kami sempat ngrobrol sebelum masuk ke sini.”



Teman-teman sudah tahu belum apa itu Wirausaha Muda Mandiri? Kalau belum tahu, saya akan jelaskan sedikit ya. Jadi WMM itu merupakan program CSR utama Bank Mandiri yang telah dilaksanakan sejak tahun 2007 dan bertujuan untuk membantu pemerintah dalam menumbuh kembangkan kewirausahaan di Indonesia khususnya di kalangan generasi muda.

Event WMM 2018 sudah dimulai sejak bulan Maret yang berhasil menjaring sebanyak lebih dari 800 pengusaha muda dari 34 perguruan tinggi dan 10 komunitas  atau incubator bisnis. Dari penjurian tahap awal akhirnya menyusut menjadi 70 wirausaha muda yang berhak mengikuti penjurian skala nasional pada 12 September 2018 di hadapan para dewan juri yang terdiri dari perwakilan pemerintah, akademisi, praktisi, media dan Bank Mandiri.


Pada tahun ini, program WMM yang berkompetisi dibagi dalam beberapa kategori diantara ;

-           Wirausaha Industri, Perdagangan dan Jasa

-          Wirausaha Kreatif

-           Wirausaha Boga

-          Wirausaha Sosial

-          Wirausaha Teknologi


Sementara untuk kepesertaan WMM terbagi atas dua kategori yaitu kategori Mahasiswa Program S1 atau Diploma dan kategori Pengusaha Muda Non-Mahasiswa.




Selain penjurian nasional, rangkaian acara WMM 2018 ini masih banyak lagi lainnya antara lain: WMM EXPO yang diadakan pada tanggal 6-9 September 2018 di Mall Olympic Garden Malang. Lalu dilanjutkan dengan Company Visit pada tanggal 13 September 2018 ke Jatim Park 3, seperti kita ketahui JP Group telah sukses dalam bisnis taman bermainnya di Batu dan beberapa kota lainnya. Lalu puncaknya yaitu Awarding Ceremony pada tanggal 15 September 2018 di Gedung Samantha Krida UB.


Company Visit Finalis Wirausaha Muda Mandiri 2018 ke Jatim Park 3



Oke sekarang saya mau lanjut cerita saat ikutan para finalis WMM 2018 company visit ke Jatim Park 3. Kami berangkat dari Harris Hotel Malang sekitar pukul 09.30 WIB yang terdiri atas 2 rombongan bus. Perjalanan menuju Jatim Park 3 cukup lancar karena hari kerja sehingga lalu lintas tidak macet seperti saat weekend. Sesampainya di sana, kami menunggu sebentar di area depan Dino Mall untuk mendengarkan intruksi dari panitia WMM dan pembagian tiket masuk ke wahana Museum Musik Dunia.


Company Visit Finalis Wirausaha Muda Mandiri 2018 ke Jatim Park 3



Sambil menunggu pembagian tiket, saya memanfaatkan waktu untuk ngobrol dengan beberapa finalis WMM 2018. Finalis pertama yang saya ajak obrol bernama Taufik Lukman yang menawarkan produk teknologi: KPR Online. Kelebihan KPR Online bila dibandingkan dengan KPR konvensional adalah melakukan analisa data customer lebih cepat dan langsung bisa merekomendasikan bank yang sesuai dengan karakteristik dan kemampuan konsumen. Proses analisa bisa lebih cepat karena proses registrasi dan collecting document (pengumpulan dokumen) bisa dilakukan secara online lewat smartphone. Untuk saat ini KPR Online baru melayani konsumen di area Jabodetabek dan ditargetkan pada akhir tahun 2019 bisa melayani di seluruh Indonesia.


Company Visit Finalis Wirausaha Muda Mandiri 2018 ke Jatim Park 3



Finalis kedua yang sempat saya ajak obrol secara kebetulan berasal dari Malang, dialah Satriyo Pandusuwan, mahasiswa FTP Universitas Brawijaya yang merupakan satu-satunya peserta dari Malang. Produk yang berhasil membawanya menjadi finalis WMM 2018 adalah OSMOTECH, sebuah mesin yang memberikan rasa pada telur puyuh. Jika proses pengasinan telur secara konvensional memakan waktu hingga 14 hari, maka dengan menggunakan Osmotech hanya memakan waktu 2 jam saja. Cara kerja Osmotech adalah dengan menggunakan larutan garam 25% dan tekanan statis sebesar 1-3 bar. Saat ini Osmotech sudah dipergunakan oleh UD Rukun Jaya Batu dan UKM Quailpro Ponorogo.


Company Visit Finalis Wirausaha Muda Mandiri 2018 ke Jatim Park 3



Meskipun sudah pernah ke Museum Musik Dunia namun tidak mengurangi semangat saya saat memasuki wahana yang menyajikan berbagai alat musik baik itu dari semua propinsi Indonesia hingga seluruh dunia. Kebetulan saat saya ke sini dulu masih ada bagian yang belum selesai dan tidak dibuka untuk umum yaitu di lantai 3 yang berisi patung-patung para penyanyi top dunia.


Company Visit Finalis Wirausaha Muda Mandiri 2018 ke Jatim Park 3

Company Visit Finalis Wirausaha Muda Mandiri 2018 ke Jatim Park 3



Adapun penyanyi yang patungnya ada di Museum Musik Dunia antara lain: Elvis Presley, Bon Jovi, Michael Jackson, Beyonce, Adele, Whitney Houston, Lady Gaga, Taylor Swift dan masih banyak lagi lainnya. Tidak hanya patungnya saja, kita juga bisa melihat barang-barang pribadi milik artis mulai dari alat musik yang digunakan hingga kostum-kostum panggung yang pernah mereka pakai. Musisi tanah air juga nggak ketinggalan kok dapat tempat di Museum Musik Dunia seperti penyanyi lawas Ermy Kulit, Vina Panduwinata, Anggun, Chrisye hingga deretan penyanyi dangdut yang saat ini naik panggung seperti Inul Daratista, Ayu Ting Ting dan Via Vallen.


Museum Musik Dunia JP 3Museum Musik Dunia JP 3


Museum Musik Dunia JP 3

Museum Musik Dunia JP 3



Setelah menambah wawasan tentang berbagai alat musik dan foto bareng (patung) musisi dunia, kini saatnya para finalis WMM 2018 menimba ilmu bisnis dan wirausaha dari Direktur Jatim Park Group yaitu Bapak Rio Imam Sendjojo. Saya merasa beruntung bisa jadi bagian dari rombongan WMM 2018 karena meskipun sudah berulang kali mengunjungi objek-objek wisata milik Jatim Park Group namun baru kali ini saya bisa bertemu langsung dengan direkturnya.


Company Visit Finalis Wirausaha Muda Mandiri 2018 ke Jatim Park 3



Pak Rio menuturkan jika beliau membangun Jatim Park 1 ketika berusia 23 tahun, pada saat itu idenya ini dianggap gila dan tidak menjual karena yang laris di Batu mayoritas adalah hotel atau villa. Namun Pak Rio tidak patah semangat, beliau menyakinkan para investor bahwa Jatim Park 1 akan menjadi alternatif wisata baru di area Jawa Timur. Para wisatawan tidak perlu jauh-jauh pergi ke Ancol atau bahkan luar negeri untuk menikmati wisata theme park.

Antusiasme para wisatawan ternyata sangat bagus, wisatawan banyak yang berdatangan ke Jatim Park 1 baik itu lokal, nasional bahkan mancanegara. Pak Rio pun akhirnya membangun Jatim Park 2, Museum Angkut dan banyak lagi theme park lainnya. Kini total ada 11 theme park yang dimiliki oleh Jatim Park Group dan tersebar di beberapa kota.


Company Visit Finalis Wirausaha Muda Mandiri 2018 ke Jatim Park 3



Kisah sukses Pak Rio dan Jatim Park Group memberikan inspirasi tidak hanya bagi para finalis WMM 2018 tapi juga saya pribadi. Pak Rio berpesan kepada para finalis WMM 2018 dalam menjalankan bisnis jangan cepat puas dengan hasil yang sudah dicapai. Keep dreaming, jangan mau menyerah dan think out of the box.


Company Visit Finalis Wirausaha Muda Mandiri 2018 ke Jatim Park 3



Elis Suryani, salah satu finalis WMM 2018 pemilik Bakso Iga Buntel Babeh yang berasal dari Garut menyampaikan bahwa lewat company visit ke Jatim Park 3 ini dia banyak mendapatkan ilmu baru dari kreatif dan ilmu bisnisnya. Dan dia mendapatkan motivasi yang lebih membangun untuk terus bisa mencapai kesuksesan. Sementara itu Mas Arif, finalis WMM 2018 pemilik KPR Online tidak menyangka jika theme park sebesar dan selengkap ini bisa berada di kota Batu, Jawa Timur dan bukan di Jakarta. Yang membuat tempat ini keren adalah Museum Musik Dunia ini merupakan museum musik pertama dan terbesar di Asia.


Company Visit Finalis Wirausaha Muda Mandiri 2018 ke Jatim Park 3



Setelah sesi sharing dengan Pak Rio, kami diberikan kesempatan untuk ishoma dan setelah itu dilanjutkan dengan mengunjungi wahana lain yang terdapat di Jatim Park 3 yaitu The Legend Star. Kunjungan ke Jatim Park 3 ini tidak hanya memberikan ilmu bisnis bagi para finalis WMM 2018 namun sekaligus refreshing setelah sehari sebelumnya menjalani penjurian nasional yang ketat dan menguji mental. Lusa mereka harus bersiap-siap mengikuti Awarding Ceremony yang pastinya jauh lebih mendebarkan. Siapakah yang akhirnya keluar sebagai jawara di ajang Wirausaha Muda Mandiri 2018 ini? Nantikan kelanjutannya di tulisan saya berikutnya.




You Might Also Like

1 komentar

  1. Wah seru banget ya, bisa berfoto-foto sama patung artis internasonal juga :D
    Kayak asli.

    BalasHapus