Welcome to our website !

Enduro Jagoannya Oli Generasi Millenial

By Februari 29, 2020 ,


enduro oli motor terbaik


Kenalin neh, Vega Biru. Partner sejati yang sudah menemani saya selama kurang lebih 12 tahun lamanya. Kami sudah bersama sejak saya masih bujang hingga sekarang sudah berkeluarga. Saya dulu membeli Vega Biru secara kredit, setiap bulan saya membayar angsuran selama 3 tahun. Angsurannya dipotong dari gaji saya sebagai pegawai honorer di PTN di Malang. Saya membeli Vega Biru memang tujuan utamanya untuk memudahkan transportasi  ke tempat kerja.
Vega Biru sudah mengantarkan saya ke berbagai tempat mulai dari tempat kerja hingga objek-objek wisata di Malang, Batu dan Blitar. Berbagai medan sudah pernah dia lalui, mulai dari jalan aspal mulus ke Jatim Park 1 dan 2 di Batu hingga jalan naik turun dan berkelok-kelok ke Pantai Tambakrejo Blitar. Alhamdulillah Vega Biru tetap tangguh dalam berbagai kondisi mulai dari pulang lembur larut malam hingga mudik kepanasan dan kehujanan ke Blitar dengan keluarga kecil saya.

Efek Samping Malas Ganti Oli


Motor tangguh tentunya membutuhkan perawatan, tidak sekedar dipakai kesana kemari saja. Meskipun kondisi motor baru sudah oke dari pabrik namun tidak akan bertahan lama jika kita menggunakannya asal-asalan. Itulah sebabnya sejak membeli di Vega Biru saya selalu rajin membawanya ke bengkel untuk servis bulanan.

enduro oli motor terbaik


Salah satu yang tidak boleh dilewatkan ketika servis motor adalah mengganti oli. Yaa, oli adalah salah satu komponen yang penting dalam mendukung performa kendaraan kita. Beberapa fungsi oli antara lain untuk pelumas, pelindung, pembersih dan pendingin mesin. Jadi, kalian bisa bayangkan akibatnya jika kita tidak mengganti cairan tersebut secara teratur.
Ada beberapa efek samping yang akan terjadi jika kita malas-malasan bahkan sampai lupa mengganti oli, antara lain:

  1. Mesin Motor Tidak Nyaman
Pernah nggak kalian ngerasain getaran di bagian mesin yang begitu kuat sehingga bikin nggak nyaman saat mengendarai motor? Kalau iya, itu berarti oli motor kalian sudah waktunya diganti. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas kalau oli berfungsi sebagai pelumas mesin. Nah jika pelumas mesinnya itu kotor bahkan jumlahnya kurang maka mesin harus bekerja ekstra keras sehingga gesekannya akan semakin kuat. Selain itu tarikan mesin juga menjadi lebih berat.

  1. Mesin Overheating
Saya pernah ngalamin mesin motor Vega Biru itu gampang sekali panas, padahal hanya menempuh jarak pendek. Setelah saya ingat-ingat barulah saya sadar kalau saya telat ganti oli. Oli berfungsi sebagai pendingin mesin, nah kalau volumenya berkurang maka akan menimbulkan yang namanya overheating atau panas yang berlebihan.
Overheating ini nggak boleh dibiarkan gitu aja. Sebab panas yang berlebihan lama-lama akan bikin komponen yang ada pada mesin mengalami kerusakan. Misalnya kepala silinder yang berfungsi sebagai tempat pembakaran akan melengkung. So, masih malas-malasan ganti oli mesin?

  1. Usia Mesin Jadi Lebih Pendek
Seperti halnya makhluk hidup, mesin juga memiliki usia atau jangka waktu penggunaan. Akibat ketiga yang akan terhadi jika malas ganti oli adalah usia mesin jadi lebih pendek dari yang seharusnya.
Ini terjadi karena fungsi oli sebagai pelindung mesin tidak berjalan maksimal. Lagi-lagi karena kondisi oli yang kotor dan berkurang dari waktu ke waktu. Jika mesin rusak, kalian harus menguras isi dompet untuk memperbaikinya.

  1. Motor Mati Mendadak
Kebayang nggak sih kalau kalian lagi terburu-buru berangkat kuliah atau kerja trus motor mendadak mati. Mau dibawa ke bengkel tidak bisa karena ban tidak mau mau berputar baik ke depan ataupun ke belakang. Ngeselin banget bukan? Ini namanya piston macet atau ngancing. Kesialan ini bisa terjadi karena oli sudah habis dan mesin mengalami panas yang berlebihan. Mau nggak mau kita harus mati-matian membawanya ke bengkel.

  1. Turun Mesin
Resiko paling parah kalau kita malas ganti oli adalah turun mesin. Ini terjadi karena mesin yang sudah rusak akibat oli tak diganti telah menjalar ke komponen yang lain. Jika kita ingin mesin motor kembali seperti semula maka harus turun mesin! FYI, turun mesin itu menghabiskan biaya besar dan membutuhkan waktu yang lama untuk pengerjaannya.

Oli Motor Terbaik untuk Motor

enduro oli motor terbaik

Wah ternyata segawat itu ya efek samping jika kita malas ganti oli motor tersayang kita? Nilai kerugian yang kita alami jauh lebih besar dari harga oli. Ya udah deh saya mau ganti oli dulu.
Eiit, tunggu dulu. Memilih oli untuk motor tersayang jangan sembarangan ya. Pilih oli yang memiliki kualitas terbaik dan yang sesuai dengan jenis motor kita. Kalau saya sih, jujur saja sudah berkali-kali ganti merk oli. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu mulai dari kualitas, varian, harga hingga ketersediaan di bengkel.
Dari semua merk oli yang sudah saya coba, saya paling cocok menggunakan Oli Enduro 4T dari Pertamina. Mengapa begitu?


enduro oli motor terbaik


Kualitas oli Enduro dari Pertamina sudah tidak diragukan lagi karena dibuat dari  bahan dasar mineral berkualitas dan aditif-aditif pilihan. Selain itu juga Oli Enduro telah diakui oleh Japanese Automobile Standard Organisation dengan sertifikat JASO MA. Juga memenuhi mutu internasional API SL. Maka tak mengherankan jika pada tahun 2017 Oli Pertamina Enduro berhasil menyabet Superbrands Awards 2017 kategori "Automotive Lubricants". FYI para pemenang Superbrands Award merupakan brand-brand yang dinyatakan sebagai merek favorit konsumen berdasarkan survei Nielsen Consumer Research Indonesia. Survei telah dilakukan di enam kota besar di Indonesia kepada ratusan brand. Jadi tidak berlebihan jika Oli Enduro disebut sebagai oli terbaik untuk motor.

Setelah kualitas, barulah saya lihat harganya. Harga Oli Motor Enduro Pertamina ini cukup terjangkau lho. Untuk motor 4 langkah berkisar antara 30-50 ribuan, sedangkan untuk motor sport berkisar antara 150-200 ribuan.


enduro oli motor terbaik


Faktor ketiga, Oli Enduro Pertamina memiliki 6 varian yang bisa kita pilih sesuai dengan jenis motor kita antara lain:

1. Enduro 4T Sport SAE 5W-30
Enduro 4T Sport SAE 5W-30 adalah pelumas sintetik yang diformulasikan khusus untuk menghasilkan kinerja akselerasi dan perlindungan dari aus. Pelumas ini telah memenuhi persyaratan tingkat mutu API Service SL dan JASO MA2.
Enduro 4T Sport SAE 5W-30 direkomendasikan untuk mesin motor empat langkah dengan sistem kopling basah, terutama pada aplikasi balapan.

2. Enduro 4T Racing 10W-40
Enduro 4T Racing 10W-40 merupakan pelumas motor empat langkah berkekentalan ganda dengan kualitas tinggi diformulasikan base oil sintetik dan aditif API SL pilihan. Pelumas ini telah lolos pengujian variable speed friction test dengan hasil melebihi high friction reference oil, sehingga tidak menyebabkan slip pada kopling.
Enduro 4T Racing SAE 10W-40 direkomendasikan untuk mesin sepeda motor empat langkah, Honda, Suzuki, Kawasaki, Yamaha dan lainnya.

3. Enduro 4T Racing SAE 20W-50
Enduro 4T SAE 20W-50 adalah pelumas bermutu tinggi yang diformulasikan dari bahan dasar mineral berkualitas dan aditif-aditif pilihan, yang didesain khusus untuk motor empat langkah. Enduro 4T SAE 20W-50 adalah produk berkekentalan ganda yang stabil memberikan kemudahan bersirkulasi pada temperatur rendah dan tinggi.
Enduro 4T SAE 20W-50 juga dapat mencegah slip pada kopling basah, memiliki stabilitas oksidasi dan degradasi yang sangat baik pada temperatur operasi tinggi.

4. Enduro Matic SAE 10W-30
Enduro Matic SAE 10W-30 adalah pelumas motor empat langkah matik berkualitas tinggi dengan moly additive untuk mengurangi friksi pada temperatur dan kecepatan tinggi. Pelumas ini memiliki viskositas rendah untuk mempermudah sirkulasi oli dan memberikan fuel economy yang lebih baik.
Enduro Matic SAE 10W-30 direkomendasikan untuk mesin sepeda motor empat langkah matik (skutik), merek Yamaha, Honda, Suzuki, Kanzen dan lainnya.

5. Enviro 2T SAE 20
Enviro 2T SAE 20 merupakan pelumas kendaraan dua langkah dengan bahan bakar bensin. Pelumas ini merupakan semi sintetis yang dibuat dari bahan dasar pelumas mineral ditambah bahan dasar polyisobutylene sintetis dan aditif-aditif yang unggul.
Enviro 2T SAE 20 merupakan pelumas untuk mesin dua langkah dengan sistem pendingin udara. Oli ini memenuhi JaSO FC (approved) dan international Standard Organization (ISO) L-EG-D.

6. Enduro Matic G SAE 20W-40
Enduro Matic G SAE 20W-40 adalah pelumas motor matik empat langkah berkualitas tinggi yang didesain khusus menggunakan base oil sintetik. Pelumas ini cocok untuk pengendara dalam kota yang kerap terjebak kemacetan.
Pelumas ini juga mempunyai kekentalan relatif rendah pada suhu dingin sehingga dapat melindungi engine sejak mesin dinyalakan. Enduro Matic G SAE 20W-40 direkomendasikan untuk mesin sepeda motor empat langkah matik (skutik).

Pengalaman menggunakan Oli Enduro 4T


enduro oli motor terbaik


Dari 6 varian Oli Pertamina Enduro di atas, saya menggunakan Enduro 4T Racing SAE 20W-50. Oli ini cocok untuk motor Vega Biru milik saya karena motor saya termasuk motor empat langkah. Keunggulan dari Oli Enduro 4T ini antara lain:

·         memberikan perlindungan yang baik terhadap mesin dari keausan dan korosi.
·         menjaga kebersihan mesin dan mencegah deposit pada piston.
·         didesain khusus untuk mencegah slip pada kopling.
·         memiliki kekentalan yang sangat stabil pada temperatur rendah dan tinggi.
·         mampu meningkatkan akselerasi dengan sangat prima sehingga, sehingga motor dapat melaju dengan lebih cepat.
·         suara mesin lebih halus dan bekerja dengan sempurna serta gesekan pada gigi tranmisi dapat diminimalisir secara optimal.
·         komponen vital motor terutama kopling dan rangkaian gear pasa tranmisi menjadi lebih awet dan lebih tahan lama.

Setelah menggunakan Oli Enduro 4T ini memang terasa banget bedanya, untuk Vega Biru yang usianya sudah belasan tahun ini, tarikan mesinnya menjadi lebih halus, tidak berisik dan nggak gampang panas meskipun saya menempuh jarak yang cukup jauh.




Oke itulah tadi sharing saya tentang pengalaman menggunakan Oli Enduro 4T untuk motor kesayangan saya. Dibuat dari bahan dengan kualitas terbaik, memiliki beberapa kelebihan dan banyaknya varian dari Oli Enduro maka layak jika kita menyebut Oli Enduro dari Pertamina ini adalah jagoannya oli Indonesia.



You Might Also Like

0 komentar

google529a27a57f6300a3.html