Welcome to our website !

BARDI Smart Outdoor Static IP Camera

By Januari 31, 2021

 

bardi smart outdoor ip static camera

Salah satu aspek penting dalam hunian adalah keamanan baik itu di dalam maupun di luar rumah. Keamanan bagi para penghuni, benda dan perabotan yang di dalamnya hingga keamanan rumah itu sendiri. Ada banyak sekali gangguan yang bisa mengancam keamanan mulai dari gangguan alam, hewan hingga manusia. Itulah sebabnya kenapa kita harus memasang perangkat keamanan di dalam maupun di luar rumah. Salah satu perangkat keamanan yang paling banyak dipakai adalah CCTV.

Kehadiran CCTV akan membantu manusia dalam melakukan pengawasan sehingga bisa mengantisipasi dan mencegah terjadinya hal-hal yang berbahaya. Dengan adanya CCTV yang dipasang di rumah, gedung atau bangunan lainnya akan membuat orang berpikir ulang untuk melakukan tindak kejahatan seperti pencurian misalnya. Dalam beberapa kasus kejahatan, rekaman CCTV bisa menjadi barang bukti dan membantu pelacakan pelaku.

Di masa pandemi sekarang ini, beberapa kali kita membaca, mendengar atau menonton tentang meningkatnya tindak kejahatan terutama pencurian atau perampokan isi rumah ketika pemilik rumah sedang pergi atau lengah. Itulah sebabnya kenapa kita perlu memasang CCTV sebagai salah satu ikhtiar untuk mencegah tindak kejahatan tersebut.

Nah bagi teman-teman yang saat ini sedang bingung mencari kamera yang dapat berfungsi sebagai perangkat keamanan di rumah, maka BARDI adalah solusi yang tepat. Bardi adalah sebuah perusahaan anak bangsa yang menyediakan berbagai produk guna meningkatkan kemudahan dan kenyamanan hidup. Salah satu yang BARDI tawarkan adalah produk keamanan dengan menggunakan kamera.

Kebetulan saya sudah menggunakan 3 produk BARDI sebelumnya yaitu BARDI Smart Indoor Static IP Camera, BARDI Smart Bulb dan BARDI IR Remote. 3 produk BARDI yang kece ini emang beneran bikin hidup saya jadi lebih mudah dan nyaman, itulah sebabnya kenapa saya pun memutuskan untuk mencoba produk BARDI yang lain yaitu BARDI Smart Outdoor Static IP Camera.

Spesifikasi BARDI Smart Outdoor Static IP Camera

Dari segi desain, tampilan Smart Outdoor Static IP Camera ini lebih gahar daripada Smart Indoor Static IP Camera. Bentuknya seperti kebanyakan kamera pengawas (CCTV), terbuat dari bahan plastik polikarbonat + ABS yang lebih kokoh. Dengan bahan ini, Smart Outdoor Static IP Camera akan tahan dengan perubahan cuaca baik itu panas maupun hujan.

 

bardi smart outdoor camera

Yuk kita kulik-kulik setiap bagian dari BARDI Smart Outdoor ini. Untuk kamera tentunya terletak bagian depan dari perangkat ini. Pada kamera ini ada lensa dan sebuah titik yang merupakan microphone. Lalu di bagian belakang terdapat slot microSD untuk penyimpanan video dan foto yang lebih banyak. Di sisi slot microSD ada tombol reset yang tertutup rapat, tombol ini vital banget dalam proses konfigurasi. Speaker juga terletak di bagian belakang dan bisa mengeluarkan suara yang cukup keras.

Bagian belakangnya terdapat sebuah antena wifi yang bisa kita putar hampir ke segala arah. Antena ini penting untuk menangkap sinyal wifi karena pemasangannya yang berada di luar rumah sehingga membutuhkan sinyal wifi yang kuat agar bisa bekerja secara maksimal. Kamera outdoor BARDI ini memiliki penyangga yang bisa memutar kepalanya hingga 360 derajat. Jadi, kita bisa membidik arah yang lebih tepat saat pemasangannya.

Berikut adalah perbandingan spesifikasi kedua kamera BARDI.

Bardi

Indoor Static IP

Outdoor Static IP

Resolusi

1080P

1080P

Lensa

3.6mm

3.0mm f/2.0

WiFi

2,4 GHz

2,4 GHz

Codec

H.264

H.264

Penyimpanan

microSD

microSD

Intercom

Half Duplex

2 Way

Dimensi

53 x 32 x 110 mm

164 x 58 x 163 mm

Bobot

96 gram

300 gram

Rating IP

IP65

 

 

bardi smart outdoor camera

Untuk pemasangan perangkat ini, BARDI sudah membekali Outdoor Static IP Camera dengan beberapa peralatan pendukung antara lain: kabel yang pada kamera outdoor sepanjanga 3 meter lebih. Lalu charger dengan panjang kabel sekitar 1 meter. Dengan dua gabungan kabel tersebut maka kamera pintar ini bisa dipasang sekitar 4 meter dari stop kontak. BARDI juga sudah menyediakan 3 buah baut untuk pemasangan kamera pada dinding atau bagian rumah lainnya.

Set-Up Bardi Smart Outdoor Static IP Camera

 

bardi smart outdoor camera

Ketika pertama kali hendak menggunakan produk BARDI, saya sempat mengira kalau set-up perangkatnya cukup rumit mengingat ini adalah produk smart home berteknologi canggih. Namun ternyata dugaan saya salah, set-up nya sangat mudah. Demkian juga dengan set-up Bardi Smart Outdoor Static IP Camera ini mudah sekali dilakukan.

  1. Unduh aplikasi BARDI Smart Home yang tersedia untuk Android dan iOS.
  2. Install aplikasi, kita perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu menggunakan nomer HP atau alamat email yang valid. Setelah itu klik Lanjutkan. Cek email untuk mendapatkan kode verifikasi.
  3. Masukkan kode verifikasi lalu kita login ke aplikasi.
  4. Untuk melakukan konfigurasi penambahan perangkat, klik tombol (+) yang ada di pojok kanan atas. Kita bisa memilih “Penambahan Secara Manual” atau “Scan Secara Otomatis”.
  5. Pada interface “Tambahkan Perangkat” ini, klik “langkah berikutnya” dan kemudian kita harus memasukkan password Wifi kita. Pastikan koneksi stabil agar proses penambahan perangkat berjalan dengan sukses.
  6. Step berikutnya, kita harus memindai kode QR di ponsel dengan kamera BARDI hingga kamera mengeluarkan bunyi dong dong dong. Proses ini hanya butuh waktu 30 detik.
  7. Bardi Smart Outdoor Static IP Camera sudah siap dipergunakan.

Fitur Bardi Smart Outdoor Static IP Camera

 


Bardi Smart Outdoor Static IP Camera dilengkapi dengan sensor CMOS berukuran 1/2.9 inci dengan resolusi sebesar 2 megapixel. Sensor gambar inilah yang membuat kamera BARDI bisa merekam video dengan resolusi Full HD. Seperti halnya Bardi Smart Indoor yang sudah saya coba sebelumnya, hasil tangkapan gambar yang oudoor ini cukup memuaskan.

Untuk menghemat ruang penyimpanan kita bisa ubah settingan gambarnya menjadi SD. Sedangkan untuk kualitas gambar yang lebih bagus, kita bisa ubah menjadi HD. Itulah sebabnya kenapa di kamera cerdas ini disematkan slot microSD agar kapasitas penyimpanannya lebih besar.

Secara keseluruhan, baik itu foto maupun video yang dihasilkan oleh BARDI Smart Outdoor ini cukup jelas, ketajamannya juga cukup baik walaupun terlihat sedikit ada noise pada kondisi kurang cahaya. Kelebihan lensa pada kamera ini yakni bisa menangkap gambar dengan jangkauan cukup lebar. Bardi Smart Outdoor Static IP Camera mengandalkan lensa sudut lebar yang bisa menangkap gambar hingga 130 derajat. Kalian bisa melihat pada hasil tangkapan kamera BARDI di teras dan carport di rumah saya di bawah ini.

 

fitur bardi smart outdoor camera


Fitur yang ada pada BARDI Smart Outdoor Static IP Camera secara keseluruhan sama dengan BARDI Smart Indoor Static IP Camera antara lain: microphone yang memungkinkan kita bisa berkomunikasi secara dua arah meskipun tidak bisa bersamaan. Kualitas suaranya cukup jelas dan keras. Kamera pintar BARDI ini juga bisa mendeteksi adanya gerakan yang muncul, jika di perangkat indoor namanya ALARM sedangkan di perangkat outdoor namanya MOTION ALERTS.

bardi smart outdoor camera

 
bardi smart outdoor camera

Dengan fitur ini kita bisa mengetahui adanya gerakan yang mencurigakan meskipun kita tidak melihat live video. Aplikasi BARDI akan mengirimkan notifikasi dan menyajikan sebuah daftar yang berisikan gambar snapshot saat pergerakan terjadi. Jadi kita bisa mengetahui apa yang sedang terjadi atau siapa yang membuat pergerakan tersebut, apakah hewan, benda jatuh atau manusia.

bardi smart outdoor camera

Itulah pengalaman saya menggunakan BARDI Smart Outdoor Static IP Camera di rumah. Menurut saya keberadaan kamera pintar BARDI ini sangat membantu sekali bagi kita untuk melakukan pengawasan keamanan rumah baik saat kita sedang istirahat ataupun tidak berada di rumah. Apalagi BARDI kamera outdoor ini juga bisa mengawasi saat dalam kondisi gelap di malam hari, jadi kekhawatiran kita tentang keamanan rumah apalagi saat situasi sedang rawan seperti ini sudah terselesaikan. Dengan harga yang cukup terjangkau maka BARDI Smart Outdoor Static IP Camera sangat layak untuk dimiliki bagi siapa saja yang membutuhkan kamera untuk pengamanan yang mudah digunakan.

 

You Might Also Like

12 komentar

  1. aku jg pakai lo kak....kita samaa dong hehehe
    teknologi Bardi ini bikin hemat listrik karena bisa di kontrol jarak jauh
    jadi kita yg suka lupa nggak perlu khawatir lagi

    BalasHapus
  2. wahh, dapet insight baru ttg kamera CCTV. Emang sekarang penting pasang CCTV sebagai bagian dr ikhtiar ya mas. TFS untuk rekomendasi Bardi ini ya

    BalasHapus
  3. Weh keren ni untuk Keamanan apapun yang terjadi di suatu tempat,
    Biar membantu banget 😎

    BalasHapus
  4. CCTV itu penting banget emang sekarang...Ya hitung-hitung cara kita lebih waspada gitu...Nah, bardi ini kayaknya untuk instalasinya mudah ya, ga ribet dan bisa sendiri...Soalnya pernah pasang CCTV outdor harus manggil orang gitu buat setting

    BalasHapus
  5. Sekarang cctv emang jadi kebutuhan banyak orang untuk urusan security ya. Saya juga pengen nih pasang cctv buat di rumah. Kayaknya produk Bardi ini boleh juga nih

    BalasHapus
  6. Bener banget kao, sekarang memang CCTV penting banget buat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan kita pun juga lenih nyaman pastinya. Bangga deh ada produk anak bangsa yang punya manfaat dan bagus seperti BARDI. Jadi pengen nyobain juga

    BalasHapus
  7. Wah aku juga pake bardi di rumah. Emang kualitasnya jempolan. Bikin rumah aman dan nyaman. Cocok bwnwr nih buat yang pengin cctv terjangkau.

    BalasHapus
  8. perlu juga kurekomendasikan ke kakakku ini. soale dia pake fake cctv, wkwk! tapi katanya efektif sih

    BalasHapus
  9. Woww ini IP camera outdoor ya. Lumayan pasang di luar ya buat memantau pergerakan ehehe. Seru sih bisa ngintip-ngintip kondisi rumah saat kita sedang diluar rumah.

    BalasHapus
  10. Kamera CCTV kini sangat dibutuhkan sekali yaa..
    Terinspirasi dari drakor juga siik, hihii...karena kalau ada kejadian apa-apa, bisa dibuktikan dengan rekaman yang ada. Datanya otomatis tergantikan atau gimana, kak?

    BalasHapus
  11. Kemarin juga sempet cobain ip cam bardi. Hihi bisa mendeteksi gerakan jugaa. Keren lah pokoknya wkwk

    BalasHapus
  12. Wah asyik banget kak. Kamera pintar BARDI menjadi solusi untuk membuat rumah semakin aman dengan spesifikasi yang mumpuni. Terimakasih ulasannya.

    BalasHapus

google529a27a57f6300a3.html