Rahasia Sukses Cara Pemasaran Menggunakan Facebook untuk Bisnis

pemasaran menggunakan facebook
sumber: segalabenda.com


Facebook saat ini telah memiliki fitur Facebook for Business yang sayang dilewatkan untuk kegiatan pemasaran. Jaringan Facebook yang sangat luas menjadi salah satu kelebihan kenapa pemasaran Anda harus juga dilakukan menggunakan platform ini. Bahkan, telah banyak bisnis yang berkembang pesat dengan menggunakan pemasaran di Facebook.

Seperti yang diketahui, Facebook memiliki banyak fitur keren yang dapat Anda gunakan untuk memasarkan bisnis Anda. Tak hanya banyak, tetapi cara penggunaannya juga cukup mudah dan efektif untuk pemasaran. Apabila Anda memiliki bisnis, tentunya Anda harus menggunakan Facebook sebagai salah satu media pemasaran. 

Ingin tahu lebih lanjut tentang rahasia sukses dan ampuh cara pemasaran menggunakan Facebook? Simak penjelasan berikut ini dengan seksama!

Memperbaiki Profil Menjadi Profesional


Cara pemasaran menggunakan Facebook yang pertama adalah memperbaiki profil Facebook sehingga terlihat profesional. Tampilan akun Facebook bisnis yang profesional tentunya akan meningkatkan kepercayaan calon customer.

Untuk memperbaiki profil Facebook menjadi profesional, hal yang perlu Anda lakukan adalah mengganti foto profil yang menarik dan mudah dikenali, menyesuaikan foto sampul, postingan tersemat, serta foto call to action. Tampilkan ketiga elemen tersebut yang memvisualisasikan bisnis Anda. 

Menjadwalkan Postingan 


Postingan adalah ‘senjata’ utama yang digunakan untuk memasarkan bisnis Anda. Melalui postingan, orang-orang atau audiens Anda bisa mendapatkan informasi baru dan menarik mengenai bisnis Anda. Untuk dapat menjangkau audiens secara maksimal, hal yang perlu Anda lakukan adalah menjadwalkan postingan Anda. 

Cara pemasaran menggunakan Facebook satu ini dilakukan pada saat strategis atau biasa disebut dengan prime time. Prime time adalah waktu dimana banyak dari audiens yang sedang mengakses Facebook sehingga apabila Anda membuat postingan, maka audiens yang dijangkau oleh postingan Anda akan maksimal atau lebih banyak jumlahnya. Waktu strategis yang pas untuk membuat postingan adalah sekitar pukul 18.00 hingga 21.00. 

Membuat Target Postingan Organik


Postingan organic adalah postingan yang dilakukan tanpa berbayar. Postingan ini biasanya akan menjangkau pengikut halaman Facebook Anda. Untuk membuat postingan, Anda ternyata juga harus menargetkannya sesuai dengan produk atau jasa dari bisnis yang Anda tekuni.

Penargetan postingan organic ini biasanya dipilih dari segmen customer Anda yang meliputi, umur, wilayah, jenis kelamin, ketertarikan, dan lain-lain. Buatlah target secara spesifik dan detail sehingga engagement yang diperoleh akan semakin tinggi. 

pemasaran menggunakan facebook


Postingan Berbayar


Postingan berbayar adalah cara pemasaran menggunakan Facebook yang patut Anda lakukan untuk dapat meningkatkan bisnis. Cara ini terbukti ampuh untuk meningkatkan target pemasaran bisnis. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat menjangkau audiens yang lebih luas serta tepat sasaran sehingga tujuan pemasaran Anda dapat tercapai lebih mudah dan cepat. 

Sebelum menggunakan fitur postingan berbayar ini, Anda harus melakukan pengaturan terlebih dahulu untuk postingan yang akan dipromosikan. Pengaturan ini meliputi jangkauan audiens dan jumlah budget yang harus dikeluarkan. 

Analisis Performa Halaman


Hal terakhir yang wajib dilakukan untuk meningkatkan bisnis Anda adalah dengan melakukan analisis performa halaman. Analisis performa halaman adalah cara terakhir yang harus dilakukan setelah Anda melakukan ketiga cara di atas. 

Analisis performa halaman bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif kegiatan pemasaran yang Anda lakukan. Hasil dari analisis performa ini juga akan menunjukkan laporan secara rinci dan berkala sehingga dapat menjadi bahan evaluasi performa pemasaran bisnis Anda. 


Kelima hal di atas merupakan cara pemasaran menggunakan Facebook yang wajib Anda terapkan untuk membangun bisnis. Cara-cara tersebut telah terbukti membuahkan kesuksesan apabila dilakukan dengan optimal dan berkelanjutan. Selamat mencoba!


Tidak ada komentar