Pentol 09 Arema: Cilok Terenak di Malang

 

pentol 09 arema

Kalian yang suka jajanan pinggir jalan atau street food pasti sudah nggak asing lagi dengan yang namanya Cilok. Makanan khas Jawa Barat ini sudah menyebar ke berbagai kota di Indonesia, termasuk Malang. Saya sebenarnya kurang suka jajanan pinggir jalan karena sejak kecil dilarang oleh keluarga saya, alasannya sih karena jajanan pinggir jalan kurang higienis. Makanya saya pun tidak up-date dengan dunia percilokan di Malang.

Sampai suatu hari, saya secara nggak sengaja dipertemukan dengan cilok terenak di Malang yaitu Pentol 09 Arema. Sebenarnya agak membingungkan juga kenapa Pentol 09 Arema ini dikenal sebagai cilok terenak di Malang. Bukan karena rasanya yang tidak enak melainkan pentol dan cilok sendiri adalah dua makanan yang berbeda.

Pentol merupakan sebutan untuk jajanan tradisional khas jawa Timur yang mirip bakso namun memiliki kandungan daging sapi lebih sedikit, terkadang pentol hanya terbuat dari tepung kanji. Bedanya dengan cilok adalah cilok tidak dicampur dengan daging sapi melainkan di dalamnya ada isian telur, daging cincang, atau abon.

Sejarah Pentol 09 Arema

Pentol 09 Arema berlokasi di Jl. Puncak Borobudur No.6404, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65142. Tepatnya di depan SMA Negeri 9 Malang, itulah sebabnya kenapa kadang ada yang menyebutnya Cilok SMA 9. Mudah banget kok mencari Pentol 09 Arema ini karena dengan kawasan Soekarno-Hatta yang sudah kondang sebagai pusat kuliner di Malang. Jika dari arah selatan, kalian tinggal belok kiri saja di bundaran patung pesawat Suhat. Nanti kalian akan melihat deretan penjual makanan di pinggir jalan depan SMA Negeri 9, nah cari saja penjual yang paling rame antriannya. Itu sudah pasti Pentol 09 Arema.


pentol 09 arema


Adalah Mas Jodi, nama penjual Cilok 09 yang mulai berjualan cilok sejak tahun 2009. Mungkin itu asal mula nama Pentol 09 Arema ya hehehe. Awalnya Mas Jodi menjual ciloknya dengan keliling di sekitar Jl. Soekarno-Hatta. Seiring berjalannya waktu ternyata banyak yang membeli ciloknya jika di mangkal di depan SMA 9 Malang, akhirnya dia pun berjualan menetap di situ.

Pentol 09 Arema mulai berjualan pukul 10 pagi dan biasanya sudah habis sekitar jam 2 siang. Ini termasuk cepat banget lho. Dalam satu hari Pentol 09 Arema menghabiskan daging sapi 18 kilogram. Nggak heran sih jika rasa dari cilok terenak di Malang ini mendekati rasa bakso karena komposisi dagingnya yang banyak.


pentol 09 arema


Harga Pentol 09 Arema ini per biji Rp.500 saja. Selain pentol, kita juga bisa memilih varian yang lain seperti tahu, goreng bundar dan goreng mekar. Murah banget pokoknya, beli Rp.5.000 saja sudah dapat banyak. Seperti cilok pada umumnya, ada saus kacang, sambal dan tomat sebagai pelengkap.

Harus Siap Antri demi Pentol 09 Arema

Kalau kalian ingin menikmati kelezatan Pentol 09 Arema maka kalian harus siap-siap antri, minimal 10-15 menitan. Nggak heran sih karena rasa dari Pentol 09 Arema ini memang seenak itu. Saya saja yang awalnya kurang suka dengan jajanan pinggir jalan jadi ketagihan lho, terhitung saya sudah membeli sebanyak 4 kali. Pernah saya mampir mau beli pas sudah sore hari ternyata sudah habis.


pentol 09 arema


Saya kalau antri di Pentol 09 Arema harus sigap ngomong ketika sudah giliran kita, kalau enggak bakalan diserobot oleh pembeli lainnya. Triknya adalah ketika Mas penjual cilok sudah memberi bumbu pada cilok untuk pembeli sebelum kita, langsung saja sebutin pesanan kita. Mas penjualnya kadang nanyain sih giliran siapa tapi kalau pas ramai atau capek biasanya enggak. Paling repot kalau musuhnya para emak-emak karena biasanya suka menyerobot, kalau ditegur malah marah-marah. Jadi lebih baik ngalah saja, lha wong penjualnya saja nggak berani negur karena takut nggak mau beli lagi wekekeke.


pentol 09 arema

Buat saya, rasa cilok Pentol 09 Arema ini memang beneran enak. Komposisi daging sapinya lebih banyak bila dibandingkan dengan cilok-cilok lainnya. Terus kita bisa milih mau yang halus atau kasar, terasa banget teksturnya. Ramuan bumbunya juga pas sehingga makin menambah kelezatan cilok ini. Saking enaknya, banyak lho yang memesan Pentol 09 Arema ini buat konsumi acara-acara misalnya nikahan. Biasanya kalau pesan itu satu gerobak dengan harga sekitar Rp.3.000.000. Ordernya langsung saja ke nomor ini: 0821-4219-7189.

 


 

Terakhir saya beli Pentol 09 Arema ini, berbarengan sama beberapa mas-mas ojek online. Kayaknya sih sudah masuk di pemesanan makanan online, kereen yaa. So buat kalian yang ingin buktiin kelezatan dari Pentol 09 Arema ini, silakan langsung cuss ke TKP.

 

 

Tidak ada komentar