Welcome to our website !

Lika-Liku Ngeblog di Tempat Kerja

By Februari 28, 2017





Lika-Liku Ngeblog di Tempat Kerja


Menjalankan aktivitas ngeblog disamping pekerjaan utama di kantor memberikan lika-liku tersendiri bagi saya. Sebagai staf tentunya kita harus memprioritaskan pekerjaan daripada aktivitas ngeblog agar keduanya dapat berjalan beringingan dengan baik. Namun tidak dipungkiri adakalanya saya dihadapkan pada dilema harus memilih yang mana, misalnya ada deadline lomba atau ada acara blogger yang diadakan di hari atau jam kerja.

Awal mula saya mengenal blog justru dari pekerjaan, kebetulan dulu di Perpus UB ada fasilitas internet centre. Nah saya pernah ditempatkan di internet centre selama beberapa tahun sebagai operator. Otomatis setiap hari saya terhubung dengan internet sehingga saya pun memanfaatkannya untuk gugling artikel kepenulisan. Dari situlah saya kemudian mengenal blog dan keterusan hingga sekarang. Jadi di sela-sela melayani user saya pergunakan waktu untuk ngeblog mulai dari posting hingga blogwalking.
Pihak kantor pun mengetahui aktivitas ngeblog saya ini, so far sebagian besar nggak masalah sih asalkan pekerjaan utama sudah saya jalankan dengan baik. Memang ada satu-dua yang berkomentar negative baik itu sesama staf maupun yang levelnya di atas saya. Rata-rata berkomentar seperti ini:

“Ihwan itu kok enak banget, kerjanya duduk seharian nulis doang.”

Menghadapi komentar seperti itu saya hanya senyumin saja. Lha kan tugas saya sebagai operator internet centre itu adalah duduk standby melayani user dari pagi sampai sore hari. Lalu apakah saya harus duduk bengong saja ketika tidak ada user? Sementara di depan saya ada komputer dengan koneksi internet yang bisa saya pergunakan untuk mengembangkan diri?
Malahan berkat aktivitas ngeblog ini saya sekarang ditempatkan di Bagian Publikasi dan Social Media karena pihak kantor melihat saya bisa menulis berita, memotret dengan baik dan mengelola social media.
Jadi buat saya ngeblog di tempat kerja itu oke-oke saja, asalkan kita sudah menyelesaikan pekerjaan kita terlebih dahulu. Tidak ada salahnya mengisi waktu luang dengan hal-hal bermanfaat bukan? Daripada waktu luang dipakai untuk ngegosip atau ngabur.


Lalu bagaimana jika ada event blogger di hari atau jam kerja?

Saya sih biasanya banyak pertimbangan untuk memutuskan ikut atau tidak. Siapa yang ngadain, acaranya seperti apa, dimana tempatnya, jam berapa, lalu apakah yang saya dapatkan jika datang ke acara tersebut. Semua point itu akan mengerucut pada satu kesimpulan: Apakah worth it saya bela-belain ijin pulang duluan atau nggak masuk kerja demi mengikuti acara blogger tersebut?
Jujur, setahun belakangan ini saya malah merasa lebih enjoy dan leluasa ngeblog di kantor. Penyebabnya adalah jika sudah pulang ke rumah maka tugas saya menggantikan Mama Ivon mengasuh Duo Ai. Mana dua anak saya itu tidurnya larut malam, jadi saya sama sekali nggak punya waktu buat ngeblog di rumah. Saya baru bisa ngeblog ketika anak-anak tidur sore atau nggak ada agenda keluar weekend. Tapi yang sering malah laptop sudah dipakai duluan sama Mama Ivon buat ngeblog wekekeke. Moga segera dapat rejeki agar bisa membeli PC atau laptop baru sehingga nggak perlu gantian atau bahkan rebutan kalau mau ngeblog.



Lalu bagaimana dengan keberkahan rizki yang saya dapatkan dari blog?


Seperti yang saya bilang di atas bahwa saya ngeblog itu setelah menyelesaikan semua pekerjaan. Jadi tidak ada waktu yang saya korupsi karena saya mengerjakannya di waktu luang. Tentang fasilitas kantor lainnya yang saya pergunakan yaitu komputer dan kuota, saya Bismillah saja menggunakan fasilitas komputer yang mengganggur dan kuota berlimpah untuk kegiatan positif yaitu ngeblog-yang Alhamdulillah mendatangkan rezeki. Daripada saya menggunakannya untuk kegiatan yang sia-sia atau negatif?
Saya menulis ini bukan untuk meminta pembenaran dari teman-teman yang berpendapat bahwa monetize blog di kantor itu nggak berkah. Tapi saya hanya ingin sharing saja secara jujur bagaimana saya menjalankan aktivitas ngeblog saya selama ini. Salam.


Oh iya, teman saya Witri juga menulis tentang hal ini. Bisa disimak di bawah ini:






You Might Also Like

32 komentar

  1. Sebenarnya sama aja kayak, dosen ngajar juga mempunyai Proyek sampingan yaitu penelitian dn kdang pun dilakukan di kampus yg notabene fasilitas lengkap. Makanya gak heran meski dosen banyak yg tajir karena proyek sampingan hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok tahu banget sih Buk kalo dosen juga punya proyek sampingan? dulu mantannya dosen ya wakakaka.

      Hapus
  2. Selama ga ada larangan kan ga masalah hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess, asalkan pekerjaan beres ngeblog bisa jalan terus.

      Hapus
  3. Seru juga ya ternyata.. banyak manfaatnya. Sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, seru dan menantang. Aamiin, doa yang sama buatmu.

      Hapus
  4. kerjaan kantor juga kadang kan ngga setiap hari ada, nah daripada bengong mending juga ngeblog.
    ya walopun kadang takut ketauan sama atasan, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener Mas, ntar kalo kelamaan bengong bisa kesambit :D

      Hapus
  5. Tosss mas, yang penting pekerjaan utama diselesaikan, dan dapat izin dari atasan...

    BalasHapus
  6. Tosss mas, yang penting pekerjaan utama diselesaikan, dan dapat izin dari atasan...

    BalasHapus
  7. saya biasanya cuma numpang posting di WiFi sekolah, itu klo lagi untung gak dihajar kerjaan hehe

    BalasHapus
  8. Gpp sih wan mbangane nggo mbukak film dewasa #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ssst kamu biasanya buka apa Yo? minta filenya dong wakakakaka.

      Hapus
  9. semoga segera punya laptop satu lagi.. aamiin..
    saya biasanya ngeblog setelah selesai ngajar, pulang belakangan demi sinyal gratis heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin YRA, makasih doanya Mbak.
      Hihihi saya juga Mbak, ngeblog di kantor karena kuota berlimpah.

      Hapus
  10. Saya juga bingung,apalagi acara kopdar blogger di kota saya itu malam hari.Pas juga saya kerjanya ini malam, jadi gak bisa hadir kopdar terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oalah serba salah ya Mas. Semoga lekas ada kesempatan buat kopdar blogger, aamiin. Kalau ijin beberapa jam gitu masa nggak bisa Mas?

      Hapus
  11. Saya jg ngblog pake internet kantor dan biasanya setelah jam kerja alias di atas jam 5 sore

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya ga bisa ngeblog setelah jam kantor, keburu diabsen ama yang di rumah wekekeke

      Hapus
  12. Saya jg ngblog pake internet kantor dan biasanya setelah jam kerja alias di atas jam 5 sore

    BalasHapus
  13. Kegiatan yang paling sering ya gitu, ngeblog di tempat kerja kalo lagi bosen liat kerjaan heheh :D

    BalasHapus
  14. Jaman masih ngantor dulu,aku juga ngeblog ditempat kerja kok, biasanya aku nulis pagi2 pas nyampe kantor, sebelum jam kerja. Klo gak kelar lanjut siang pas istirahat sekalian bales2in komen. Sore sebelum pulang juga biasanya sempetin ngintip dikit2 baru lanjut BW dll saar dalam perjalanan pulang naik kereta
    Kalau udah dirumah bhay internet, waktu buat keluarga

    Nah sekarang karena udah gak ngantor lagi, ngeblognya ya dirumah. Biasanta pagi2 saat suami ngantor dan prema sekolah. Lanjut lagi siang begini kalau prema udah bobo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah manajemen waktu buat ngeblognya bagus Mas, kadang aku bisa disiplin gitu tapi seringnya dilanggar. Terutama soal internet di rumah, apalagi sekarang ada wasap grup yang ramee :D

      Hapus
  15. Better blogging lah ya daripada buka yang aneh-aneh. Lagian selama kerjaan utama udah beres mah kenapa tidak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyesss, senangny ada yang bisa mengerti kami para blogger kantoran :D

      Hapus
    2. Hahaha blogger kantoran XD kesannya beda aja buat sebutan blogger kantoran XD

      Hapus
  16. lagi bosen kerja dicurhatin ke blog aja :D hehe enak

    BalasHapus
  17. biar ga jadi masalah besar, kalo bisa jadi anon aja kalo cerita diblog. kalo nyebar biar ga ketahuan siapa orangnya yang curhat hehe. kalo curhatnya pada terima ga masalah, kalo ada yang ga terima itu yang di khawatirkan.

    BalasHapus