Welcome to our website !

5 Kebiasaan Menjelang Lebaran

By Juni 15, 2017




5 Kebiasaan Menjelang Lebaran


Menjelang Lebaran seperti sekarang ini, masyarakat Indonesia sudah disibukkan dengan beberapa kebiasaan guna menyambut lebaran. Jika ditelaah lebih lanjut, kebiasaan ini ternyata hanya dilakukan oleh masyarakat Indonesia saja. 


Mau tau apa saja kebiasaan-kebiasaan itu? Simak yuk di tulisan santai saya berikut ini:

1.       Membeli Baju Baru

Baju baru Alhamdulillah, tuk dipakai di hari raya.
Tak punya pun tak apa-apa, masih ada baju yang lama.

Kalian pasti hafal dengan lirik lagu di atas. Lagu milik Dhe Ananda ini kayaknya sudah jadi lagu wajib pas lebaran, ini jadi bukti bahwa kebiasaan membeli baju baru menjelang lebaran sudah jadi kebiasaan yang sudah mengakar sejak lama.
Lihat saja mall-mall di Bulan Ramadhan, apalagi jika sudah di pertengahan bulan seperti ini makin ramai dan penuh sesak oleh para pemburu baju baru. Apalagi hampir semua mall berlomba-lomba memberikan diskon gila-gilaan demi menarik pembeli sebanyak mungkin.

 
sumber: drwox.com

Buat yang nggak mau desak-desakan hunting baju baru, bisa juga membelinya di marketplace atau mall online yang juga memberikan diskon menarik. Nah jika kalian masih bingung mau hunting baju lebaran di mana,  coba lihat baju lebaran di Zalora yang model-modelnya kece dan kekinian.

2.       Membuat Kue Lebaran

Kalau bisa buat sendiri, ngapain beli? Apalagi zaman sekarang apa-apa serba mahal, apalagi kue-kue kering untuk lebaran. Harga per toplesnya lumayan lhoo.
Nah bagi yang memiliki hobby nguprek di dapur, khususnya baking moment menjelang lebaran ini dimanfaatkan untuk menyalurkan passion mereka.


Ada kepuasan tersendiri manakala keluarga, kerabat dan para tamu yang bersilaturahmi menyukai kue bikinan kita. Ssttt, siapa tahu nanti malah ada yang order kue lebaran tahun depan. Banyak kok kisah sukses para ibu rumah tangga yang terjun di bisnis kue lebaran ini, jadi ayo mulai sekarang beranikan dirimu untuk beraksi di dapur.

3.       Menukarkan Uang
Kebiasaan menukarkan uang lama dengan uang baru ini erat kaitannya dengan tradisi member angpaw untuk anak-anak di hari Lebaran. Mungkin ini sebelas dua belas dengan kebiasaan memakai pakaian baru, maka uang yang diberikan harus baru juga. Ya walaupun nilai nominalnya nggak berubah, menerima uang baru dan uang lama yang sudah lecek itu memang beda sensasinya sih hehehe.

UANG BARU 2017


Kita bisa menukarkan uang ini di bank-bank yang membuka layanan penukaran uang. Bisa di kantor banknya atau di titik-titik tertentu yang telah ditentukan. Kebiasaan penukaran uang ini memiliki seni dan suka-duka tersendiri. Banyak yang rela antri mulai dari subuh hingga siang hari demi mendapatkan uang baru.




Jika tidak mau susah-susah antri, kita bisa juga menukarkan uang pada orang-orang yang membuka jasa penukaran uang. Mereka biasanya standby di pinggir-pinggir jalan raya, tentunya ada fee yang harus kita berikan untuk mereka.

4.       Mengecat Ulang Rumah
Pakaian lebaran sudah beli, kue-kue kering sudah siap disajikan, amplop lebaran juga sudah terisi, tapi kok masih ada yang kurang ya? Ah iyaa, rumahnya kok keliatan kusam. Cat dinding sudah berjamur bahkan mengelupas di sana-sini. Maka jika masih ada rejeki lebih, biasanya dipakai untuk mengecat ulang rumah agar terlihat baru dan enak dilihat oleh para tamu di Hari Idul Fitri nanti.
Ada yang memilih mengecat sendiri bersama keluarga, namun ada juga yang nggak mau repot sehingga memakai jasa tukang cat. Ya itung-itung berbagi rezeki THR dengan sesama.

5.       Merevonasi Makam
Kebiasaan terakhir yang dilakukan masyakarat Indonesia adalah merenovasi makam keluarga. Di minggu-minggu terakhir Bulan Ramadhan maka pemakaman biasanya diramaikan oleh orang-orang yang merenovasi makam keluarga, mulai dari yang sekedar mengecat ulang nisan hingga yang memugar makam menjadi lebih bagus lagi.
Tidak ada perintah khusus sih di dalam agama Islam untuk melakukan hal ini, agar mendapatkan pahala maka merenovasi makan diniatkan sebagai bentuk bhakti kita kepada keluarga yang telah meninggal dunia.

Demikianlah 5 kebiasaan masyakarat Indonesia menjelang lebaran. Bagaimana dengan kalian, apakah kalian juga melakukan salah satu kebiasaan di atas?


You Might Also Like

9 komentar

  1. Renovasi makam ini yg di kami gak ada mas, palingan bersih2 pas ruwahan sebelum puasa. Kl kumpul di makam, alhamdulillah jadi tradisi tiap hari H lebaran.

    BalasHapus
  2. 1 sampsi 3, ggpernah ketinggalan

    BalasHapus
  3. Huaduh itu antrian nukar uangnya gak kukuuuuu. Demi salam tempel ya

    BalasHapus
  4. beli baju lebaran ga pernah ketinggalan, deh, apalagi banyak diskon lebaran yang menggoda

    BalasHapus
  5. Bunda juga udah nukar uang di kantor, untuk para krucil

    BalasHapus
  6. kalau saya biasanya cuma beli baju aja mas hehe.. kalau buat kue biasanya ibu, tapi tahun ini sepertinya gak buat kue

    BalasHapus
  7. Kenapa kelimanya itu gak pernah kulakukan hahaha :p
    Apalagi yg di perantauan gini, paling yg disiapin duit buat mudik. Itu kalau mudik, kalau engak mudiik kyk tahun ini, gk siap2 apa2 hahaha :P

    BalasHapus
  8. Eh ada siiiihh satu yg disiapin stock bahan makanan, terutama sayur dan lauk, krn pastinya tukang sayur off dan kalau belanja saur di supermarket gk terlalu bagus :D

    BalasHapus
  9. aku baru tahu kalau jelang lebaran ada yg suka renovasi rumah eh makam ...tfs mas

    BalasHapus