4 Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Surabaya

 

Surabaya, kota terbesar di Jawa Timur ini adalah kota yang penuh dengan segala daya tariknya. Mulai dari objek wisata hingga kuliner yang tinggal kita pilih, asalkan ada budgetnya hehehe. Sebelum wabah Corona melanda Indonesia, saya cukup sering main ke Surabaya. Mulai dari ada undangan liputan event hingga liburan bersama keluarga tercinta. Karena seringnya ke Surabaya, sampai ada teman di social media yang mengira kalau saya orang Surabaya.

Semenjak ada Corona yang berdampak pada semua sektor, termasuk ekonomi, membuat saya tidak pernah lagi ke Surabaya. Peraturan pemerintah agar semua aktivitas dilakukan di rumah membuat brand-brand tak lagi mengadakan acara secara offline, sehingga tidak ada undangan liputan lagi. Lalu penetapan Surabaya sebagai Zona Merah dan pemberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di setiap kota membuat orang juga tidak bisa keluar masuk kota semaunya.

Ada beberapa hal yang saya rindukan dari Surabaya sehingga jika Covid 19 nanti sudah reda, ingin sekali bertandang ke Kota Pahlawan ini.

1.       Naik Kereta Api

Kami selalu naik kereta api jika pergi ke Surabaya. Faktor kenyamanan dan harga tiket yang murah menjadi pertimbangan utama kami. Kereta ekonomi zaman now sudah jauh lebih keadaannya daripada kereta api ekonomi zaman dahulu. Dengan suasana gerbong yang ber-AC, kursi yang nyaman dan jadwal yang pasti membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Anak-anak pun bisa bermain dan tidur di sepanjang perjalanan.

Begitupun saat turun di stasiun, suasana yang ramai dengan para penumpang itu rasanya ngangenin. Meskipun kadang harus berdesak-desakan saat hendak naik atau turun dari kereta api sambil membawa tas ransel dan menggandeng anak-anak, namun itu semua adalah asam garam perjalanan yang menguatkan mental kita.

 

2.       

Ngemall

Nggak usah kuatir mati gaya kalau ke Surabaya karena di sana banyak sekali mall yang bisa kalian kunjungi. Mau cari mall yang pangsa pengunjungnya masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah hingga yang mewah dan high class, tinggal pilih saja. Sebut saja Plaza Surabaya (Delta Plaza), Royal Plaza, Tunjungan Plaza, Ciputra World Mall, City of Tomorrow adalah beberapa mall di Surabaya yang pernah kami kunjungi.


Dari semua mall di atas, favorit saya adalah Royal Plaza. Royal Plaza lokasinya strategis karena dekat dengan Stasiun Wonokromo sehingga kami tidak kuatir ketinggalan kereta jika ngemall ke sana. Mall-nya luas dengan berbagai macam tenant mulai dari fashion, makanan hingga supermarket. Harganya juga cukup terjangkau jadi nggak perlu kuatir merasa insecure atau dompet jebol kalau main ke sini.

 

3.       Staycation

Alhamdulillah kami sudah merasakan staycation di beberapa hotel di Surabaya, mulai dari yang kelas penginapan, menengah hingga yang cukup mewah buat ukuran kantong kami. Kami pernah menginap di sebuah penginapan di sebuah gang di belakang Royal Plaza Surabaya. Waktu itu Mama Ivon ada undangan acara blogger di Royal Plaza, karena budget sedang tipis kami putuskan cari penginapan yang murah meriah. Yang penting tetap nyaman buat tidur meskipun tidak dapat sarapan.


Pernah juga menginap di hotel berbintang antara lain Hotel Sahid Surabaya, Best Western Papilio, Fave Hotel Rungkut, Santika Premiere Surabaya hingga Educity Apartemen. Selain ingin coba bagaimana rasanya menginap di hotel mewah, nyenengin anak karena ada kolam renangnya juga bisa buat konten baik itu untuk blog, youtube maupun sosmed.

4.       Travelling

Kalau untuk travelling, objek wisata yang pernah kami kunjungi masih terbatas. Penyebab utama adalah wilayah Surabaya yang sangat luas, selama ini untuk transportasi di Surabaya kami menggunakan transportasi online. Budget untuk transportasi bisa membengkak jika kami travelling ke objek wisata yang lokasinya jauh dari stasiun dan hotel.

Itulah sebabnya kami memilih liburan ke objek wisata yang dekat dengan stasiun atau hotel, misalnya Monumen Kapal Selam yang dekat dengan Stasiun Gubeng, Pantai Kenjeran yang dekat dengan Educity Apartemen, Transmart Surabaya yang dekat dengan Fave Hotel, Kebun Binatang Surabaya dan Taman Bungkul yang masih berada di tengah kota.

 

Oh iya, kalau sedang liburan  segala sesuatu bisa terjadi, termasuk cidera atau sakit. Kami pernah mengalami kejadian yang mengejutkan saat main ke Plaza Surabaya, Mas Aiman disengat oleh lebah yang bersarang di mulut patung kuda lumping yang berada di depan mall tersebut. Untungnya lebah yang menyengat anak kami bukan tipe yang berbahaya sehingga tidak sampai bengkak dan memerlukan penanganan serius. Tapi tetap saja bikin panik, apalagi kami nggak tahu dimana apotek atau RS terdekat.

Tapi sekarang nggak usah kuatir lagi karena ada aplikasi Halodoc, yang membantu kita mencari informasi rumah sakit atau apotek terdekat dengan lokasi kita. Jadi semisal butuh obat atau tindakan medis tinggal buka saja aplikasi Halodoc. Halodoc sudah bekerjasama dengan beberapa rumah sakit di Surabaya, salah satunya adalah RS Premier Surabaya. Halodoc ini sangat membantu sekali di saat pandemi karena kita tetap bisa berkonsultasi dengan dokter tanpa harus datang ke rumah sakit, trus juga bisa beli obat secara online. Lengkap banget bukan?

 

1 komentar