Suami Juga Butuh Me Time

 

suami juga butuh me time

Saat masih lajang saya memiliki kebiasaan me time yang mungkin tidak biasa dilakukan oleh kebanyakan orang.  Biasanya setelah pulang kerja saya akan mengurung diri di kamar, tidak mau diganggu oleh siapapun. Seringnya sih saya tiduran aja atau sekedar mengecek SMS (dulu belum ada WA, ketauan deh umurnya berapa wekekeke). Saya baru keluar kamar saat menjelang sholat maghrib. Keluarga saya sudah mengerti kebiasaan saya ini, mendiang Ibu biasanya mengingatkan saya untuk tidak lupa makan malam.

Saya termasuk orang introvert yang lebih nyaman dan senang beraktivitas sendiri atau di rumah saja. Tuntutan pekerjaan membuat saya harus berada di tempat publik dan berinteraksi dengan banyak orang. Bagi seorang introvert ini sebuah ‘perjuangan’ banget, seringkali setelah bekerja saya merasa lelah bukan hanya fisik tapi juga psikis. Itulah sebabnya sepulang kerja saya butuh menyendiri di kamar untuk me time dan re-charge energi yang sudah habis terkuras.

Trus kalau lagi bosen atau suntuk di rumah saja, biasanya saya keluar sama sahabat saya. Dia sebenarnya sudah menikah tapi istrinya memberikan dia kebebasan untuk me time. Biasanya kami makan bareng di warung langganan sambil bertukar kabar tentang aktivitas masing-masing. Kami baru pulang ke rumah sekitar jam 11 malam.

Tapi setelah menikah saya tidak bisa melakukan hal itu lagi, apalagi setelah kehadiran anak-anak di tengah keluarga kecil saya. Ketika sampai di rumah saya sudah disambut oleh anak-anak yang ingin mengajak bermain atau sekedar ditemani. Saya mengerti, istri sudah capek seharian mengasuh anak-anak dan mengurus rumah. Jadi setelah saya pulang kerja, saya menggantikan tugas pengasuhan anak. Saya dan istri memang sudah sepakat untuk menjadi partner dalam berumah tangga yaitu dengan berbagi tugas. Mulai dari pekerjaan domestik hingga pengasuhan anak kami kerjakan berdua.

Meskipun begitu saya tetap berusaha meluangkan waktu untuk me time agar tidak dihinggapi rasa jenuh bahkan stress. Sejatinya bukan hanya istri yang butuh me time, suami juga membutuhkan karena dia juga manusia biasa. Namun tentu saja frekuensi me time-nya tidak bisa sesering saat masih lajang. Itu memang sudah jadi konsekuensi yang harus diterima ketika kita memutuskan untuk menikah.

Me Time suami introvert pastinya berbeda dengan suami kebanyakan. Kalau orang lain mungkin milih nongkrong sama sahabat atau komunitas sedangkan saya me time-nya ya tetep di rumah hehehe. Saya memang nggak punya banyak teman atau ikutan komunitas apa gitu. Dua sahabat saya pas bujang sekarang sibuk dengan kehidupan masing-masing sehingga susah buat ketemuan. Istri sebenarnya sudah menyarankan saya untuk aktif di WAG  mobil yang saya ikuti tapi saya belum menemukan feel-nya.

 

suami juga butuh me time


 

Me Time saya di rumah nggak jauh-jauh dari internet sih. Di rumah kami sebenarnya ada banyak buku yang tertata di rak namun minat baca saya entah hilang kemana sejak 4-5 tahun yang lalu. Bahkan saya belum menyelesaikan 2 seri terakhir novel Supernova padahal dulu ngefans banget sama novel dan penulisnya.

Ngeblog

Meskipun saya nggak rajin membaca novel lagi namun saya tak bisa meninggalkan aktivitas yang satu ini yaitu menulis. Lagi-lagi bukan menulis novel melainkan blog alias diary online. Saya sudah menulis blog sejak tahun 2007, mulai dari sekedar nulis random, curhatan geje hingga mereview barang, makanan, restoran, hotel hingga tempat wisata.

Menulis bagi saya itu sebuah kenikmatan tersendiri karena saya yang nggak banyak omong di dunia nyata bisa lancar mengeluarkan ide, pendapat dan unek-unek lewat tulisan. Apalagi kalau ternyata pengalaman yang saya tulis ternyata bermanfaat bagi orang lain, itu bikin saya merasa bahagia.

Selain itu saya juga bisa ikutan lomba blog, beberapa kali pernah menang juga. Alhamdulillah hadiahnya bisa dinikmati bersama keluarga tercinta. Pssst, kita juga bisa lho dapat penghasilan tambahan dari blog, asalkan kita rajin nulis sehingga blog kita dilirik oleh brand atau agency. Coba deh buktiin sendiri.

Main Tiktok

Sebenarnya bukan hanya Tiktok aja sih yang saya liat saat sedang main HP. Tapi kalau dibandingin ama sosmed lainnya, di Tiktok saya benar-benar merasa menikmati. Mulai dari menonton video-video yang muncul di FYP (For Your Page), nonton video milik teman sampai dengan bikin konten.

Konten yang saya bikin tergantung ide yang muncul di kepala, bisa konten joget yang lagi viral, review tempat wisata atau makanan sampai dengan POV (Point of View) yaitu memerankan karakter. Beberapa teman blogger protes: “Kalau orang introvert mana mungkin pede bikin konten di Tiktok!”

Saya itu pedenya bikin konten Tiktok di dalam rumah saja, kalau disuruh joget-joget di tempat umum masih malu. Pokoknya kalau pas bikin video diliatin orang saya masih malu. Kalau videonya udah jadi ya terserah sih siapa aja yang mau nonton.

Alhamdulillah dari main Tiktok ini saya dapat banyak kebaikan. Bisa ketemu banyak orang meskipun hanya secara virtual. Apalagi Ketika mereka nonton, like, komen dan share video saya, merasa banget diapresiasi. Trus beberapa kali menang lomba video yang saya ikuti. Yang terbaru jadi juara 2 di Lomba Tiktok Pemkot Malang.

Main Game Online

Siapa di sini yang suka main game online? Saya juga suka tapi saya malas kalau harus install aplikasi game di HP sebab bikin memory penuh. Itulah sebabnya saya lebih suka main game online berbasis website. Adalah plays.org, sebuah website yang menyediakan berbagai macam game online.

 

plays.org

Kita bisa menemukan permainan yang terinspirasi dari game-game jadul seperti Tetris, Super Marios Bross, Tom and Jerry hingga Solitaire. Trus ada juga mainan edukasi yang bagus juga dimainkan oleh anak-anak seperti Guardians Defenders of Mathematica yang memasukkan pelajaran berhitung, Zombie Typing yang mengasah kosakata dalam Bahasa Inggris dan masih banyak lagi lainnya. Jadi kita bisa neh ngajak anak main bareng, nambah quality time kan.

Tapi ingat ya Bapack-Bapack, kalau main game online jangan sampai lupa waktu. Nanti istri bisa marah-marah, trus dilarang main game online lagi deh wekekeke.

Itulah 3 aktivitas Me Time  yang biasa saya lakukan di rumah. Semoga tulisan saya bermanfaat bagi bagi bapak-bapak yang bingung cari ide aktivitas me time  di rumah. Salam.

 

 

 

7 komentar

  1. Iya baik suami maupun istri memang butuh me time agar tidak jenuh apalagi sampai stress.

    BalasHapus
  2. Sebagai seorang introvert juga, ya mirip-miriplah me time yang biasa aku lakukan. Pokoknya di rumah tuh the best, deh. Hehe. Dan iya, kalau bikin konten apapun termasuk video tuh kalau gak ada yg liat ya pede aja. Coba kalau di luar dan diliat banyak orang, ya mati gaya. Hahaha.
    Btw aku sama anak-anak juga udah sering main game di plays.org, Mas Ihwan. Banyak pilihan dan bagus-bagus emang, ya 😊

    BalasHapus
  3. Setuju banget, walaupun sudah berumah tangga, masing2 butuh waktu sendiri untuk menghindari kejenuhan dan stress.

    BalasHapus
  4. Bener banget nih mas. Suami emang butuh me time. Kalau suami saya me timenya nonton film atau main game juga �� emang ya main game ini hiburan yg merakyat

    BalasHapus
  5. hahahahah langsung mengiyakan. Kadang saat setelah semingguan bekerja hanya butuh seharian untuk mengistirahatkan jiwa dan raga supaya siap untuk kerja minggu berikutnya

    BalasHapus
  6. Hoho kata siapa hanya perempuan yang butuh me time yak. Bapak2 juga butuh me time kali. Setuju banget nih, tiga kegiatan di atas sekarang adalah yang paling menyennagkan untuk dilakukan.

    BalasHapus
  7. Gk istri gk suami semuanya keknya pelu me time yaaa
    Apalagi kalau dah stress ma kerjaan kantor nyampek rumah kudu ngadepin anak2 wkwk
    Butuh waktu buat senang2 sendiri, kalau gk lkeluar rumah ya main sosmde atau game yaa

    BalasHapus